AsliDomino – Banyak orang yang sedang menjalani program diet pasti akan sangat memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi. Bahkan ada juga yang cukup rajin menghitung kalori lebih dulu saat akan membuat menu makanan. Padahal gak hanya asupan kalori, tapi proses membakar kalori pun seharusnya juga diperhatikan untuk mempercepat proses penurunan berat badan.

Gak harus dengan olahraga berat atau pergi keĀ gym, beberapa aktivitas rumahan pun sebenarnya dapat membantu membakar kalori. Bahkan beberapa di antaranya bisa membakar lebih dari 100 kalori, lho. Mau tahu apa saja? Yuk, simak.

1. Meski melelahkan, tapi mencuci baju cukup efektif bakar kalori

6 Aktivitas Rumahan yang Bisa Bakar Lebih dari 100 Kalori, Yuk Cobain!

Sering dianggap sebagai pekerjaan rumah yang melelahkan, ternyata mencuci baju memberi dampak positif untuk tubuh kita. Terlebih jika mencuci baju tanpa mesin, manfaat pengurangan kalori dalam tubuh justru semakin cepat

Pasalnya, saat mencuci, kita harus mengumpulkan pakaian, merendam, mengucek, membilas, dan kemudian mengeringkannya. Ditambah lagi dengan proses menjemur, jadi makin banyak kalori yang akan terbakar. Satu jam mencuci baju sendiri, setidaknya 125-173 kalori akan terbakar habis.

2. Lanjutkan aktivitas bakar kalorimu lewat menyetrika pakaian

6 Aktivitas Rumahan yang Bisa Bakar Lebih dari 100 Kalori, Yuk Cobain!

Kebanyakan orang akan merasa paling malas saat harus menyetrika pakaian. Tumpukan baju yang sudah selesai di cuci akan dibiarkan begitu saja atau mungkin justru berakhir di binatu. Padahal jika menyetrika pakaian sendiri, kita akan mendapat banyak manfaat.

Selain bisa hemat biaya binatu, kita juga dapat membakar kalori sekaligus. Menyetrika pakaian selama satu jam ternyata bisa membakar sebanyak 122 sampai 183 kalori, lho. Gak hanya pakaian yang rapi, tapi juga kalori bisa berkurang cukup banyak.

3. Mengepel lantai juga gak kalah banyak membakar kalori

6 Aktivitas Rumahan yang Bisa Bakar Lebih dari 100 Kalori, Yuk Cobain!

Gak bisa dianggap enteng, ternyata mengepel lantai juga sangat efektif untuk membakar kalori dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, saat mengepel lantai kita diharuskan berdiri cukup lama dan mengeluarkan tenaga untuk mendorong alat pel.

Meski terkesan ringan dan monoton, tapi sebanyak 245 sampai 370 kalori dapat terbakar untuk satu jam waktu mengepel lantai. Wah, makin banyak saja ya, kalori yang bisa dibakar lewat aktivitas ini.

4. Memasak, hobi yang menyenangkan sekaligus bisa bikin sehat

6 Aktivitas Rumahan yang Bisa Bakar Lebih dari 100 Kalori, Yuk Cobain!

Jika aktivitas sebelumnya terasa membosankan, berbeda dengan memasak yang bisa jadi hobi paling menyehatkan untuk dilakukan. Pasalnya, memasak sangat bisa diandalkan sebagai aktivitas pembakar kalori tanpa harus merasa bosan atau jenuh.

Berputar-putar di dapur, menyiapkan bahan makanan, dan mengolahnya selama satu jam saja akan membuat kalori terbakar sebanyak 144 hingga 215 kalori. Apalagi jika masakan yang diolah merupakan menu makanan sehat, pembakaran kalori akan jadi lebih maksimal.

5. Lanjutkan dengan mencuci piring, pasti jadi makin optimal

6 Aktivitas Rumahan yang Bisa Bakar Lebih dari 100 Kalori, Yuk Cobain!

Setelah selesai memasak dan makan, biasanya akan ada banyak tumpukan alat masak dan piring kotor di dapur. Sebagian orang mungkin akan merasa malas dan enggan mencucinya sebab sudah terlalu lelah. Namun, jika sudah tahu jumlah kalori yang bisa dibakar lewat aktivitas ini, pasti jadi makin rajin.

Satu jam mencuci piring akan membantu membakar kalori sebanyak 122 hingga 183 kalori. Jika khawatir dengan kalori dalam makanan yang sudah terlanjur dikonsumsi tadi, melanjutkan dengan mencuci piring bisa jadi solusi paling efektif, lho.

6. Hobi berkebun juga bisa jadi aktivitas pembakar kalori yang asyik

6 Aktivitas Rumahan yang Bisa Bakar Lebih dari 100 Kalori, Yuk Cobain!

Sedang jadi hobi yang populer di masa pandemi, berkebun ternyata juga bisa membakar kalori tubuh dengan cukup efektif. Satu jam saja kita melakukan hobi berkebun, sebanyak 282 hingga 442 kalori akan langsung bisa terbakar, lho.

Hal ini dikarenakan saat berkebun kita akan melakukan aktivitas seperti mengangkat, menggali, menanam, dan menyiram dengan sangat intens. Bukan hanya lingkungan rumah jadi terlihat indah, tapi tubuh pun bisa semakin sehat dan bugar.

Nah, itu tadi keenam aktivitas rumahan yang justru mampu membakar kalori tubuhmu dengan sangat efektif. Jangan malas lagi, ya. Yuk, mulai praktikkan di rumah.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *