BerkahPoker – Gak cuma pria, kopi juga jadi minuman favorit para wanita. Rasanya yang enak dan menyegarkan badan selalu jadi pilihan saat suntuk, benar gak? Tapi kadar kopi berlebih yang dikonsumsi saat menstruasi ternyata punya dampak yang kurang baik lho bagi tubuh wanita.

Buat kamu yang sudah ketagihan kopi, secangkir kopi sehari saat menstruasi masih dianggap aman menurut studi. Tapi kalau kamu minum setiap 4 jam sekali dan melanjutkan kebiasaan itu saat menstruasi datang, kafein bisa menyumbang efek buruk bagi tubuhmu.

Sudah tahu apa saja dampak negatifnya bagi kesehatan? Yuk, simak penjelasan berikut yang berhasil di lansir oleh AGEN POKER ONLINE :

1. Tubuh bisa kekurangan cairan (dehidrasi)

Kopi yang bersifat diuretik mampu meningkatkan produksi urin, ditambah kondisi menstruasi yang juga mengeluarkan darah haid, bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.Ginekolog dan dokter kandungan Well Woman Clinic di Gurgaon menuturkan bahwa mengonsumsi kopi bisa berpengaruh pada kondisi tubuh wanita saat menstruasi, yang cukup rentan adalah dehidrasi.

2. Siklus menstruasi menjadi lebih pendek

kalau ternyata kafein bisa mengurangi aliran darah uterus serta membatasi jumlah pembuluh darah. Itulah kenapa dampak dari konsumsi kafein yang terlalu banyak ini bisa menyebabkan penurunan jumlah darah saat menstruasi.

Lebih jauh, siklus menstruasi yang lebih pendek dari biasanya bisa berdampak pada variabilitas dan periode haid wanita yang gak teratur.

3. Kram pada perut bisa bertambah parah

Menstruasi kadang memicu pusing kepala akibat perubahan hormon yang drastis, karena itu sebagian wanita memilih kopi untuk meredakan sakit kepala. Ternyata anggapan ini keliru lho, sebab saat menstruasi, kandungan kafein justru bisa memperparah kram perut.

Proses masuknya secangkir kopi dalam sistem tubuh, bisa menutupi neurotransmitter gammaaminobutyric acid (GABA). Dalam kondisi GABA yang terhalang, tingkat kecemasan yang dipicu kafein juga bisa bertambah, pada akhirnya membuat kram pada tubuh terasa lebih parah.

4. Bisa mengaktivasi hormon stres

Dalam siklus menstruasi, kopi bisa menstimulasi hormon-hormon secara berlebih, kortisol misalnya. Gak heran kalau mood saat menstruasi cenderung sensitif. Penelitian yang dimuat dalam Journal of Women’s Health menjelaskan bahwa wanita yang banyak minum kopi saat menstruasi lebih mudah cemas dan badmood.

5. Perut gak nyaman dan terasa kembung

Kebayang deh kalau pas tamu bulanan datang, kamu malah merasa kembung, gak nyaman banget kan? Faktanya, kopi memang berisiko menaikkan asam lambung. Sifatnya yang asam bisa bikin perut kembung, apalagi kalau kamu minum dalam kondisi perut kosong.

Daripada muncul gangguan pencernaan hingga rasa mual disaat tubuh nyeri haid, akan lebih baik kalau kamu membatasi asupan kafein saat tamu bulanan datang.AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *