AsliDomino – Ketika kecil, saat kita menghadapi masalah seperti jatuh, dipermalukan teman, atau keinginan tak terpenuhi, orang tua umumnya akan menenangkan kita agar tidak menangis atau berhenti menangis. Mungkin beberapa dari kita terbiasa untuk menahan tangisan. Padahal, menangis membawa manfaat kesehatan tersendiri, lho.

Inilah alasan untuk kamu melepaskan emosi dan menangislah bila sudah tak kuat, jangan ditahan!

1. Menangislah di tempat yang tepat

Jika khawatir akan penilaian dari orang lain, menangislah di tempat yang tepat dan nyaman untuk kamu menumpahkan air mata dan meluapkan segala emosi.

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK menyarankan kita untuk tidak menangis dalam pertemuan bisnis atau di tempat kerja, karena itu bisa dianggap sebagai kelemahan.

2. Menangis dapat mengurangi stres

Air mata terbagi atas tiga jenis yaitu air mata basal, air mata refleks, dan air mata emosional.

Air mata basal diproduksi sebagai pelumas bagi mata, air mata refleks diproduksi untuk membersihkan mata dari iritan, sedangkan air mata emosional diproduksi sebagai respons terhadap kesedihan, haru, ataupun bahagia.

3. Menangis akan membuat kita merasa lebih tenang

Berbeda dari air mata basal dan air mata refleks, air mata emosional yang dapat diproduksi saat mengalami kesedihan memiliki keistimewaan tersendiri. Air mata ini mengandung protein dan hormon yang lebih tinggi yang dapat membantu pelepasan hormon stres.

Melansir laman AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, saat menangis, kita sebenarnya sedang melepaskan racun dan hormon yang tak terhitung jumlahnya, yang berkontribusi pada peningkatan tingkat stres dari tubuh kita.

4. Menangis sebagai refleksi pembelajaran diri dan sinyal sosial

Menangis dapat membantu kita untuk mengenali mengapa kita merasakannya dan bergerak maju dengan pemahaman yang lebih baik tentang diri kita sendiri.

Air mata yang mengarah pada penyelesaian peristiwa yang memicu air mata atau memberikan pemahaman baru tentang apa yang salah membuat seseorang menangis, membantu individu merasa lebih baik.

5. Air mata yang keluar saat menangis berperan penting menjaga kesehatan fungsi mata

air mata tidak hanya menjaga kelembapan mata, tetapi juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan fungsi mata, di antaranya:

  • Mencegah kekeringan. Air mata mencegah kekeringan dengan melapisi permukaan mata, serta melindunginya dari iritasi eksternal.
  • Memasok oksigen dan nutrisi ke mata. Tidak ada pembuluh darah di permukaan mata, sehingga oksigen dan nutrisi diangkut ke permukaan sel dengan air mata.
  • Mencegah infeksi. Benda asing yang masuk ke mata dicuci oleh air mata. Apalagi air mata mengandung zat yang disebut lisozim, yang memiliki sifat antibakteri, dan berfungsi mencegah invasi dan infeksi oleh mikroba.
  • Menyembuhkan kerusakan pada permukaan mata. Air mata mengandung komponen yang menyembuhkan kerusakan pada permukaan mata.
  • Membuat permukaan yang halus pada mata. Air mata melumasi dan menghaluskan permukaan mata kita, sehingga cahaya dibiaskan dengan benar, memungkinkan kita untuk melihat dengan jelas.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *