AsliDomino – Sejak munculnya pandemi virus covid-19 di Indonesia, masyarakat mulai memperhatikan pola hidup mereka agar menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit tersebut. Hal yang dapat kita lakukan salah satunya adalah menjaga imunitas tubuh.

Manfaat lain dari berjemur adalah meningkatkan suasana hati. Lalu kapan waktu yang tepat untu berjemur? Melansir laman Healthline, waktu yang dianjurkan pada saat berjemur adalah pagi hari dengan durasi 5-10 menit. Hal ini tentunya sangat disayangkan jika kita lewatkan. Yuk, mari kita simak manfaat dari berjemur!

1. Meningkatkan suasana hati

Di masa pandemi ini, tentunya kita mengalami suasana hati yang buruk karena jenuh dan bosan karena banyak menghabiskan waktu dirumah. Melansir dari Journal Why the Sun Makes You Happier, korelasi cahaya dan suasana hati bergantung pada bagaimana respons alami tubuh bekerja untuk menghasilkan serotonin, neurotransmitter yang membantu meningkatkan suasana hati.

2. Sumber vitamin D

Salah satu keuntungan berjemur di pagi hari adalah mendapatkan sumber vitamin D secara gratis. Ketika pada umumnya kita mendapatkan vitamin dari suplemen atau makanan, kita juga bisa lho mendapatkan vitamin D secara alami yaitu dari sinar matahari. Oleh sebab itu vitamin tersebut di namakan “The sunshine vitamin”.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Siapa nih, yang kalau malam susah tidur? Buat kalian yang mengalami hal tersebut, berjemur merupakan suatu kegiatan yang sangat tepat. Pasalnya, dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari kita dapat meningkatkan kualitas tidur, sehingga tidur lebih nyenyak di malam hari. Dilansir dari AGEN POKER ONLINE TERBAIK, sinar matahari akan membantu mengatur produksi melatonin, melatonin merupakan hormon esensial yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal di otak kita. Hormon ini mengatur siklus tidur.

4. Menurunkan berat badan

Jika kalian sedang menjalani program diet, berjemur di bawah sinar matahari dapat membantu program tersebut. Nah, akan lebih baik apabila berolahraga sambil berjemur di pagi hari lho! Pasalnya, menurut sebuah penelitian yang dilakukan para ahli di Feinberg Medical School, Amerika Serikat, orang yang setiap hari terkena paparan sinar matahari mengalami penurunan indeks massa tubuh (BMI) lebih cepat dibanding mereka yang tidak terkena sinar matahari.

5. Meningkatkan fungsi otak

Keistimewaan yang bisa kita dapatkan dari berjemur di bawah sinar matahari yaitu meningkatkan fungsi otak. Dilansir dari pursuit.unimelb, penelitian baru menunjukkan bahwa vitamin D, yang sering diperoleh melalui paparan sinar matahari, mungkin baik untuk otak kita, terutama wanita. Salah satu penelitian yang dipimpin oleh ilmuwan saraf, David Llewellyn dari University of Cambridge menilai kadar vitamin D pada lebih dari 1.700 pria dan wanita dari Inggris yang berusia 65 tahun atau lebih dan menemukan bahwa fungsi kognitif semakin berkurang ketika tingkat vitamin D rendah pada orang tersebut.

Semoga kutipan tersebut dapat memotivasi kita untuk bersyukur dan selalu menjaga tubuh ya!AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *