AsliDomino – Memiliki kulit wajah mulus, bersinar, dan tanpa noda adalah dambaan setiap orang, terlebih perempuan. Walau wajah sempurna nan paripurna umumnya dimiliki sejumlah selebritas atau influencer, tetapi kita tetap bisa memilikinya, kok!

Flek atau noda hitam di wajah sering bikin kita tak percaya diri karena mengganggu penampilan. Flek atau noda hitam ini biasanya disebabkan oleh bekas jerawat, efek paparan sinar matahari, dan sebagainya.

Sebetulnya di pasaran tersedia banyak sekali produk perawatan kulit untuk membantu menguranginya. Namun, ada pula cara alami yang bisa kamu lakukan dengan bahan-bahan yang umumnya banyak tersedia di rumah, yang bisa sama-sama berkhasiat bila dilakukan secara rutin dalam rutinitas perawatan kulitmu.

Lantas, apa saja bahan alami yang bisa membantu menyamarkan atau menghilangkan flek atau noda hitam di wajah? Simak ulasannya berikut ini!

1. Lemon

5 Bahan Alami yang Ampuh Samarkan Flek dan Noda Hitam di Wajah

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam di wajah. Untuk merasakan manfaatnya, kamu hanya perlu memeras lemon lalu oleskan pada kulit wajah secukupnya.

Tunggu sekitar 5 menit dan bilas hingga bersih. Bagi pemilik kulit sensitif, sari perasan lemon bisa dicampur dengan bahan lainnya seperti madu, air, teh hijau, dan sebagainya.

2. Gel lidah buaya

5 Bahan Alami yang Ampuh Samarkan Flek dan Noda Hitam di Wajah

Bagi beberapa orang, bintik atau noda hitam di wajah bukanlah hasil dari hiperpigmentasi, tetapi jaringan parut, yang bisa terlihat khususnya pada orang-orang yang kulitnya memiliki lebih banyak melanin.

Bekas luka tidak dapat diprediksi, sehingga sulit untuk diobati. Namun, yang terpenting adalah segera mengobatinya. Semakin lentur kulit, maka semakin kecil kemungkinan bekas luka muncul. Jadi, menambahkan atau mengembalikan kelembapan kulit dengan minyak dan losion bisa membantu menyamarkan bekas luka dan mencegah pembentukan bekas luka baru.

Bahan alami yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam maupun dari luar adalah lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman atau dioleskan ke kulit sebagai pelembap atau penyembuh kulit dengan cara mematahkan daun lalu oleskan bagian daging daun ke bekas luka.

Produk gel lidah buaya juga sudah banyak tersedia di pasaran, seperti halnya produk pembersih atau pelembap yang berbahan lidah buaya.

Lidah buaya adalah bahan alami yang dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan melembapkan.

3. Madu

5 Bahan Alami yang Ampuh Samarkan Flek dan Noda Hitam di Wajah

Madu punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan, yang bisa dijadikan obat karena mengandung zat antibiotik alami. Selain itu, madu juga punya khasiat untuk memudarkan dan mengurangi flek atau noda hitam akibat peradangan di kulit wajah.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengoleskan madu ke wajah pada malam hari, lalu biarkan meresap ke kulit semalaman. Setelah itu, bilas pada pagi hari dengan air hangat.

4. Yoghurt

5 Bahan Alami yang Ampuh Samarkan Flek dan Noda Hitam di Wajah

Yoghurt bisa kamu manfaatkan sebagai pencerah alami kulit, yang dapat membantu menyamarkan noda hitam dengan mengelupas kulit. Yoghurt dapat memecah sel kulit mati berkat kandungan asam laktat yang ditemukan secara alami dalam produk susu. Menggunakan yoghurt dengan susu sapi bisa efektif dalam menenangkan kulit karena mengandung asam laktat.

Asam laktat termasuk alpha hydroxy acid (AHA), yang dapat membantu memperbaiki perubahan warna dan bintik-bintik penuaan. Asam ini lebih lembut di kulit daripada eksfolian kimia lainnya. Karena berasal dari susu, ini membantu memperbaiki ketidakseimbangan pH. Ia bekerja untuk meningkatkan warna kulit di permukaan (skin tone), tekstur kulit, dan mengurangi kemerahan.

Yoghurt bisa dioleskan untuk membersihkan kulit saja atau dicampur dengan bahan alami lainnya yang juga bisa meningkatkan kesehatan kulit, seperti madu, yang punya sifat antibakteri dan bagus untuk kulit berjerawat.

Selain itu, menambahkan oatmeal ke masker yoghurt juga akan membantu mengelupas dan menenangkan kulit kering. Pastikan untuk membilas masker ini dengan hati-hati agar tidak merobek atau mengiritasi kulit.

5. Pepaya

5 Bahan Alami yang Ampuh Samarkan Flek dan Noda Hitam di Wajah

Dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, pepaya memiliki asam buah yang tergolong sebagai AHA, yang merupakan eksfolian kimia. AHA biasa diandalkan untuk kulit kering dan antipenuaan, serta bekerja untuk memperbaiki kulit dengan menghilangkan lapisan atas kulit dengan cara melemahkan lipid yang mengikat mereka bersama-sama, sehingga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan kusam serta mendukung pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat.

Hal tersebut sangat efektif dalam menghancurkan sel-sel kulit mati dan meningkatkan produksi kolagen karena pengangkatan partikel mati.

Pepaya secara khusus akan membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak awet muda. Untuk mengatasi flek hitam dengan pepaya, cukup tumbuk pepaya yang sudah matang dalam mangkuk dan oleskan sebagai masker untuk membersihkan kulit.

Saat membilas masker, lakukan gerakan melingkar lembut di kulit untuk sedikit pengelupasan tambahan pada lapisan atau sel kulit yang mati.

Nah, itulah beberapa cara untuk menyamarkan flek dan noda hitam di wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Lakukanlah secara rutin dan kombinasikan dengan rangkaian ritual perawatan kulitmu. Bila masih mengalami kesulitan, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit atau dermatolog agar bisa mendapat penanganan yang tepat.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *