AsliDomino Sourdough merupakan jenis roti tertua, yang dalam pembuatannya, adonan difermentasi secara lambat menggunakan ragi alami agar mengembang. Hal ini berbeda dengan roti pada umumnya yang sengaja ditambahkan bahan pengembang.

Nah, proses fermentasi sourdough yang lama ini ternyata dapat meningkatkan manfaat sourdough secara signifikan dibandingkan dengan roti pada umumnya. Mau tahu apa saja manfaat kesehatan sourdough? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Baik untuk usus

7 Manfaat Dahsyat Sourdough bagi Kesehatan, Beda dari Roti Biasa!

Pembuatan sourdough melibatkan proses fermentasi yang menyebabkan peningkatan jumlahprebiotik dan probiotik, yang membantu meningkatkan kesehatan usus.

Untuk itu, carilah sourdough yang dibuat dengan gandum hitam atau biji-bijian utuh lainnya. Ini memberikan serat yang lebih tinggi daripada biji-bijian olahan, yang membuat sourdough lebih ramah bagi usus.

2. Mempromosikan penuaan yang sehat

7 Manfaat Dahsyat Sourdough bagi Kesehatan, Beda dari Roti Biasa!

Sourdough dan roti dari biji-bijian utuh lainnya adalah makanan pokok dari diet Mediterania. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa roti dari biji-bijian utuh bisa membantu mempromosikan penuaan yang sehat.

3. Menjaga glukosa darah dalam rentang yang sehat

7 Manfaat Dahsyat Sourdough bagi Kesehatan, Beda dari Roti Biasa!

Mencerna karbohidrat secara alami menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah. Nah, lonjakan dan penurunan glukosa darah yang signifikan ini berpotensi memicu risiko penyakit kronis, seperti diabetes. Risiko ini meningkat apabila konsumsi karbohidrat tidak disertai dengan sumber protein dan lemak, dua nutrisi penting yang memperlambat pencernaan.

Pengaruh makanan terhadap glukosa darah diukur dengan indeks glikemik dan beban glikemik, menurut studi dalam jurnal Aging Clinical and Experimental Research tahun 2019.

Sebagai informasi, indeks glikemik mengacu pada seberapa banyak glukosa darah meningkat dua jam setelah mengonsumsi makanan, sedangkan beban glikemik mengacu pada seberapa cepat kenaikan glukosa darah terjadi.

Sourdough memiliki indeks dan beban glikemik yang lebih rendah dibandingkan roti putih. Ditambah, sourdough memiliki serat yang lebih tinggi, sehingga mampu menurunkan tekanan pada glukosa darah. Jadi, bisa dibilang, roti ini lebih ramah untuk glukosa darah.

4. Nutrisi dalam sourdough mudah diserap tubuh

7 Manfaat Dahsyat Sourdough bagi Kesehatan, Beda dari Roti Biasa!

Sourdough tinggi akan nutrisi yang mudah diserap tubuh. Dilansir WebMD, ini lantaran bakteri asam laktat pada roti berinteraksi dengan nutrisi dalam adonan sourdough. Bakteri ini kemudian menghancurkan jenis asam tertentu, sehingga meningkatkan ketersediaan nutrisi, seperti folat, kalium, dan magnesium.

Folat dibutuhkan tubuh untuk pembelahan sel, pembentuk DNA, serta pembentukan materi genetik lainnya. Kalium penting untuk membantu fungsi sel, mengatur detak jantung, menjaga saraf dan otot berfungsi dengan baik, produksi protein, serta metabolisme karbohidrat. Sementara itu, magnesium mengatur fungsi otot dan saraf, mengontrol kadar gula darah dan protein, dan membantu produksi protein, tulang, dan DNA.

5. Lebih mudah dicerna

7 Manfaat Dahsyat Sourdough bagi Kesehatan, Beda dari Roti Biasa!

Sourdough memang tidak bebas gluten. Namun, ada penelitian yang menemukan bahwa konsumsi sourdough secara teratur mampu meningkatkan pencernaan gluten

Selain itu, bakteri asam laktat dalam sourdough bahkan dapat membantu meredakan respons alergi, peradangan, dan penyakit autoimun.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung

7 Manfaat Dahsyat Sourdough bagi Kesehatan, Beda dari Roti Biasa!

Diet tinggi serat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Nah, sourdough tampaknya meningkatkan manfaat ini berkat proses fermentasinya, terlebih jika sourdough dibuat dengan tepung gandum hitam.

7. Kandungan fitat yang rendah

7 Manfaat Dahsyat Sourdough bagi Kesehatan, Beda dari Roti Biasa!

Penelitian yang dilaporkan dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK
menunjukkan bahwa proses fermentasi saat membuat sourdough dapat menurunkan kandungan fitat dari tepung gandum utuh. Sebagai informasi, fitat ialah senyawa tumbuhan yang dapat menghambat penyerapan nutrisi penting dalam tubuh.

Ini menunjukkan bahwa degradasi asam fitat pada sourdough meningkatkan bioavailabilitas mineral, asam amino bebas, dan protein. Karenanya, bisa dibilang kalau sourdough memiliki profil nutrisi yang lebih menarik daripada roti biasa.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *