AsliDomino – Gigi berlubang adalah masalah gigi yang umum terjadi di masyarakat. Bahkan, sering kali gigi berlubang cenderung disepelekan kecuali bisa sudah terasa sakit. Padahal, rasa sakit ini merupakan tanda kerusakan gigi sudah mencapai tahap yang lebih serius, lo.

Perawatan utama untuk gigi berlubang adalah dengan melakukan penambalan pada gigi tersebut. Akan tetapi, apa akibatnya jika kamu tidak segera menambalnya? Pastinya ini akan memperparah kondisi gigi dan mulutmu.

Penting untuk diketahui, inilah lima akibatnya bila gigi berlubang tidak segera ditambal.

1. Lubang pada gigi akan meluas

5 Akibat dari Gigi Berlubang yang Tidak Segera Ditambal

Pada awalnya, lubang pada gigi mungkin hanya berukuran kecil. Bila lubangnya masih kecil, penderita biasanya tidak mengeluhkan apa pun. Namun, jika dibiarkan tanpa perawatan, lubang akan meluas seiring waktu

Perlu diketahui, karies atau lubang pada gigi bukanlah penyakit yang bisa sembuh sendiri. Kamu perlu memberikan perawatan berupa penambalan untuk mengatasinya.

2. Dapat menyerang saraf gigi yang lebih dalam

5 Akibat dari Gigi Berlubang yang Tidak Segera Ditambal

Apabila gigi berlubang tidak langsung ditangani dengan dilakukan penambalan, maka penyakit ini akan menjalar hingga jaringan gigi yang lebih dalam.

Apabila kondisinya sudah seperti ini, mulai akan timbul beberapa keluhan seperti rasa sakit yang dijamin bakal mengganggu kegiatanmu.

3. Gigi menjadi nonvital atau mati

5 Akibat dari Gigi Berlubang yang Tidak Segera Ditambal

Ketika lubang pada gigi sudah berukuran besar dan dalam, rasa sakit merupakan hal yang biasa terjadi. Akan tetapi, jangan heran kalau rasa sakit tersebut tiba-tiba menghilang atau tidak terjadi lagi padahal karies belum diobati. Ini bisa menjadi indikasi kalau gigi yang berlubang tersebut sudah nonvital atau mati.

Sebuah laporan dalam jurnal Stomatognatic tahun 2010 menyatakan bahwa jaringan pulpa pada gigi yang terinfeksi akan menyebabkan terjadinya pulpitis, dan apabila dibiarkan akan mengakibatkan kematian pulpa.

Pada kondisi seperti ini, biasanya perawatan endodontik, seperti perawatan saluran akar akan direkomendasikan oleh dokter gigi.

4. Risiko terjadinya lesi periapikal

5 Akibat dari Gigi Berlubang yang Tidak Segera Ditambal

Tidak berhenti pada kondisi gigi yang telah mati, situasi akan menjadi lebih serius karena infeksi ini masih dapat menjalar ke jaringan sekitar akar gigi.

Lesi periapikal adalah suatu lesi yang berada di daerah apikal atau ujung akar gigi yang disebabkan karena bakteri berasal dari pulpa gigi yang nekrotik akibat karies. Jika hal ini sudah terjadi, maka dapat dilakukan perawatan endodontik.

5. Menimbulkan rasa sakit

5 Akibat dari Gigi Berlubang yang Tidak Segera Ditambal

Satu hal yang pasti terjadi ketika kamu mengalami gigi berlubang yaitu adanya rasa sakit. Tentunya, rasa sakit ini akan berbeda-beda sensasinya tergantung kedalaman dari karies tersebut.

Nah, sekarang kamu mengerti, kan, pentingnya segera menambal gigi atau mendapat perawatan pada gigi berlubang? Bila tidak, siap-siap menghadapi lima akibat di atas. Sebelum timbul rasa sakit dan menjadi lebih parah, jangan berpikir dua kali untuk segera berobat ke dokter gigi, ya. Dokter gigi akan memberi perawatan terbaik sesuai kondisi gigi dan mulutmu.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *