AsliDomino – Biji bunga matahari alias kuaci adalah salah satu camilan gurih yang populer. Siapa yang doyan? Ternyata, selain menjadi camilan yang lezat, kuaci juga menyimpan beragam  manfaat bagi kesehatan, lo.

Juga sering menjadi campuran pembuat roti atau nutrition bar, kuaci memang mengandung banyak nutrisi. Dilansir WebMD, kuaci tinggi protein dan lemak sehat, begitu juga antioksidan yang dapat menurunkan risiko mengembangkan kondisi serius.

Selain itu, kuaci juga mengandung:

  • Vitamin E
  • Vitamin B1
  • Vitamin B6
  • Zat besi
  • Tembaga
  • Selenium
  • Mangan
  • Zink
  • Kalium

Menurut keterangan dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), seperempat cangkir biji bunga matahari panggang kering tanpa garam mengandung:

  • Kalori: 207
  • Protein: 5,8 gram
  • Lemak: 19 gram
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Serat: 3,9 gram

Nah, dari berbagai nutrisi yang terkandung dalam kuaci, berikut ini adalah manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat.

1. Menjaga kesehatan kulit dan tulang

Camilan Gurih dan Bernutrisi, Ini 7 Manfaat Kuaci bagi Kesehatan

Penelitian AGEN POKER ONLINE TERBAIK menunjukkan bahwa kekurangan asam lemak esensial secara signifikan memengaruhi fungsi dan tampilan kulit. Maka dari itu, memasukkan sumber asam lemak esensial dalam pola makan dapat membantu mencegah kondisi kulit seperti dermatitis dan mengurangi efek penuaan pada kulit.

Kuaci juga mengandung zink—yang merupakan mineral penting untuk kesehatan kulit—dan mineral seperti magnesium, kalsium, dan fosfor untuk mendukung kesehatan tulang.

2. Menyehatkan jantung

Camilan Gurih dan Bernutrisi, Ini 7 Manfaat Kuaci bagi Kesehatan

Senyawa dalam biji bunga matahari memblokir enzim yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Akibatnya, ini dapat membantu pembuluh darah rileks,

Selain itu, biji bunga matahari kaya akan asam lemak tak jenuh, terutama asam linoleat. Tubuh menggunakan asam linoleat untuk membuat senyawa mirip hormon yang melemaskan pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah. Asam lemak ini juga membantu menurunkan kolesterol.

Partisipan juga mencatat penurunan masing-masing 9 persen dan 12 persen pada low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dan trigliserida.

Lebih jauh lagi, menurut tinjauan ilmiah dari 13 studi, orang-orang dengan asupan asam linoleat tertinggi memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, seperti serangan jantung, dan risiko kematian akibat penyakit jantung 21 persen lebih rendah, dibanding mereka yang memiliki asupan terendah.

3. Meningkatkan energi

Camilan Gurih dan Bernutrisi, Ini 7 Manfaat Kuaci bagi Kesehatan

Sementara tingkat protein yang tinggi dalam kuaci sudah membantu meningkatkan tingkat energi, nutrisi lain seperti vitamin B dan selenium juga dapat membantu kita tetap berenergi.

Vitamin B1 atau tiamina yang terkandung dalam kuaci bisa membantu mengubah makanan menjadi energi, yang bisa membantu kita tetap aktif sepanjang hari. Sementara itu, selenium dapat meningkatkan aliran darah dan memberikan lebih banyak oksigen ke tubuh.

4. Mencegah kanker

Camilan Gurih dan Bernutrisi, Ini 7 Manfaat Kuaci bagi Kesehatan

Meskipun tidak ada yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, mengubah pola makan menjadi lebih sehat dapat membantu meminimalkan risikonya.

Biji bunga matahari mengandung beta-sitosterol, yaitu fitosterol yang dapat mencegah kanker payudara. Senyawa ini diketahui dapat membantu menekan pertumbuhan sel tumor. Ada beberapa nutrisi lain dalam kuaci yang dapat memberi manfaat yang serupa, mengonsumsi kuaci juga dikatakan dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

5. Mengurangi peradangan

Camilan Gurih dan Bernutrisi, Ini 7 Manfaat Kuaci bagi Kesehatan

Sebuah penelitian yang dilakukan di AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA menemukan bahwa mengonsumsi kuaci dan atau biji-bijian lainnya selama lima kali atau lebih per minggu dihubungkan dengan tingkat peradangan atau inflamasi yang lebih rendah.

Manfaat tersebut disebutkan berkaitan dengan penurunan risiko mengembangkan beberapa penyakit kronis.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *