AsliDomino – Meskipun musim hujan membuat udara lebih sejuk, tetapi kamu tetap harus mewaspadai berbagai penyakit yang kerap menyertainya, salah satunya flu.

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Beberapa gejala umum pilek adalah:

  • Demam dan panas dingin
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Pilek
  • Hidung tersumbat
  • Nyeri otot atau tubuh
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Muntah dan diare (lebih sering terjadi pada anak-anak)

Meski demikian, jangan panik! Kala flu menyerang, tak perlu buru-buru minum obat, kamu bisa mengandalkan beberapa pengobatan alami ala rumahan untuk meringankan gejala yang muncul. Apa saja cara mengatasi flu ala rumahan? Simak di bawah ini.

1. Zink

pemberian suplemen zink atau seng terbukti dapat membantu mempersingkat durasi pilek yang merupakan salah satu gejala flu dan mengurangi gejala. Studi tersebut menyebut bahwa zink dapat mencegah infeksi rhinovirus, virus utama penyebab batuk pilek.

2. Madu

Terkenal memiliki khasiat antimikroba, madu dapat memerangi infeksi bakteri hingga virus! Oleh karena itu, bila mengalami hidung meler, kamu bisa melarutkan madu dengan air panas dan diberi sedikit perasan lemon untuk tambahan vitamin C.

Menurut sebuah studi di Israel yang dipublikasikan dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK, disebutkan bahwa madu terbukti efektif meredakan gejala batuk pada flu untuk anak-anak di atas usia 1 tahun.

3. Bunga Echinacea

Selain madu, ekstrak bunga Echinacea juga dapat kamu gunakan untuk mengobati dan meringankan gejala flu di hidung. Kamu bisa mengonsumsi ekstrak Echinacea dalam bentuk suplemen atau teh herbal.

4. Bawang putih

Dapat memerangi bakteri, bahan alami lainnya yang juga dapat memerangi flu adalah bawang putih. Sudah lama, lho, bawang putih jadi obat rumahan untuk mengatasi pilek. Kamu bisa memakannya mentah, dicampur ke dalam masakan, atau dalam bentuk suplemen. Selama kamu tidak alergi dengan bawang putih, sikat saja!

5. Mentol

Sensasi hidung tersumbat saat pilek memang menyiksa. Jangan khawatir, senyawa mentol bisa meringankannya! Diekstrak dari daun min, mentol memiliki khasiat antibakteri dan antivirus, serta tersedia dalam bentuk inhaler hingga balsam. Ekstrak mentol cari juga dapat ditambahkan ke air hangat untuk dihirup uapnya.

Akan tetapi, harus berhati-hati dalam penggunaannya. Dalam sebuah studi di Swedia yang dimuat dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA menemukan bahwa mentol terbukti dapat meringankan batuk, tetapi tidak terbukti meringankan gejala hidung tersumbat.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *