AsliDomino – Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang kering, sensitif, normal hingga berminyak. Tiap jenis kulit memiliki masalahnya tersendiri, termasuk kulit berminyak.

Kulit berminyak sering kali menimbulkan jerawat dan membuat kulit tampak kusam. Agar tahu bagaimana cara mengatasi kulit berminyak secara tepat, ketahui beberapa penyebab kulit berminyak berikut ini, yang mungkin tidak kamu sadari!

1. Genetik

Ternyata, kulit berminyak cenderung menurun dalam keluarga. Jika salah satu orang tua memiliki tipe kulit berminyak, kalian memiliki kemungkinan besar memiliki kulit berminyak. Hal ini dikaitkan dengan adanya ekspresi gen yang mengatur aktivitas kelenjar minyak.

2. Usia

Perbedaan produksi sebum pada berbagai kelompok usia telah dihubungkan dengan perubahan produksi hormon androgen.

Kelenjar minyak mulai berkembang sejak bayi baru lahir, tetapi ukurannya menurun drastis beberapa minggu setelah lahir. Ukuran kelenjar minyak kembali naik saat pubertas dan mencapai ukuran maksimum pada dewasa muda.

3. Malas pakai pelembap dan tabir surya

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, melewatkan pemakaian pelembap juga menyebabkan kulit berminyak. Kok, bisa?

Tanpa pelembap, semua jenis kulit akan mengering. Pada kulit tipe berminyak, kondisi kulit kering justru meningkatkan produksi sebum dan menimbulkan minyak berlebih. Jadi, alih-alih melewatkan pelembap, pastikan untuk memilih jenis pelembap yang sesuai dengan tipe kulit. Pelembap berbahan dasar air yang ringan bekerja dengan baik untuk kulit berminyak, karena mampu mengurangi minyak berlebih.

4. Salah pilih produk skincare dan terlalu sering cuci muka

Selain itu, kurang cermat dalam pemilihan produk skincare juga dapat berpengaruh pada produksi minyak di kulit. Cari produk yang tepat untuk kulit berminyak dan bersifat non-komedogenik untuk mencegah terbentuknya komedodan membantu menjaga pori-pori tetap bersih.

5. Kebiasaan makan makanan berminyak dan berlemak

Ternyata, kebiasaan makan makanan berminyak dan berlemak dapat menyebabkan kulit berminyak!

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK , makanan merupakan sumber penting untuk sintesis sebum. Glukosa dan asam lemak, yang kerap ditemui pada makanan berlemak dan berminyak, diolah langsung menjadi sebum di kelenjar minyak.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *