AsliDomino – Apakah kamu sedang dalam proses menurunkan berat badan saat ini? Bila ya, semangat! Sering kali proses ini butuh usaha ekstra dan kedisiplinan. Bukan cuma soal penampilan, tetapi mendapatkan berat badan ideal juga berhubungan dengan kesehatan secara keseluruhan.

Selain menerapkan pola makan bergizi seimbang, membatasi asupan kalori, dan rutin olahraga, kita juga harus cek kebiasaan makanan. Pasalnya, menurunkan berat badan bisa terhambat kalau kebiasaan ini masih kamu lakukan.

1. Melewatkan waktu makan siang

5 Kebiasaan yang Justru Menghambat Proses Penurunan Berat Badan

Saat diet, beberapa orang sering kali melewatkan makan siang. Entah karena terlalu fokus bekerja, lupa, atau sengaja melakukannya.

Jika hal ini terus terjadi, keinginanmu untuk menurunkan berat badan bisa menjadi angan-angan semata. Untuk itu, jangan lewatkan makan siang, sesibuk apa pun aktivitasmu, ya!

2. Makan terlalu cepat

5 Kebiasaan yang Justru Menghambat Proses Penurunan Berat Badan

Makan terlalu cepat ternyata membawa beberapa efek samping. Selain dapat menimbulkan gangguan pencernaan, rasa tidak puas, dan risiko diabetes tipe 2, makan terlalu cepat juga bisa meningkatkan risiko obesitas.

Satu penelitian dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA menemukan kalau 60 persen partisipan yang makan dengan cepat juga makan berlebihan. Mereka yang makan dengan cepat juga tiga kali lebih mungkin untuk mengalami kelebihan berat badan.

Karena alasan tersebut, tak ada salahnya untuk makan lebih pelan. Nikmatilah tiap suapannya! Selain itu, jangan makan ketika kelaparan dan konsumsi banyak serat.

3. Makan sambil menonton

5 Kebiasaan yang Justru Menghambat Proses Penurunan Berat Badan

Menurut studi yang dimuat dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK
makan sambil menonton bisa membuat seseorang makan berlebihan. Ini karena perhatian dan fokus tidak pada apa yang dimakan, tetapi pada distraksi di sekitarnya. Akibatnya, seseorang tidak sadar pada apa dan berapa banyak yang dimakan sehingga berat badan lebih mungkin untuk naik.

Berdasarkan studi tersebut, kita dianjurkan untuk tidak makan sambil menonton. Proses makan seharusnya dinikmati dengan kesadaran penuh agar asupan makanan yang kita konsumsi tidak berlebihan.

4. Menjalankan program diet cepat

5 Kebiasaan yang Justru Menghambat Proses Penurunan Berat Badan

Diet yang sehat dan efektif bukan cuma bertujuan untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk mempertahankannya dalam jangka panjang. Sayangnya, beberapa orang ingin hasilnya cepat dan memilih diet yang cenderung ekstrem. Padahal, ini tidak baik.

Jika seseorang kehilangan banyak berat badan dalam waktu cepat, kemungkinan orang tersebut bukan kehilangan lemak, melainkan kehilangan berat air. Ini karena sulitnya proses membakar kalori atau lemak dalam waktu singkat. Oleh karena itu, lakukanlah diet secara bertahap dengan tetap memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

5. Puasa terlalu lama

5 Kebiasaan yang Justru Menghambat Proses Penurunan Berat Badan

Puasa menjadi alternatif seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Memang, cara ini bisa menurunkan berat badan. Namun, perlu diketahui bahwa berat badan awal yang hilang ketika berpuasa adalah berat badan air, bukan lemak.

Berat badan yang hilang tersebut juga bisa kembali lagi ke semula dengan cepat ketika makan. Ini karena metabolisme tubuh menjadi lambat sehingga penambahan berat badan lebih mudah terjadi. Tak hanya itu, berat badan yang kembali tersebut kemungkinan besar berupa lemak. Makanya, puasa harus dilakukan dengan tepat dan jangan melakukan durasi puasa terlalu lama.

Jika hal ini tidak diperhatikan, maka proses penurunan berat badan tidak akan bertahan lama.

Memahami kebiasaan buruk di atas akan membantumu dalam proses menurunkan berat badan dengan hasil yang lebih optimal. Bila kamu mengabaikannya, bukan tak mungkin kalau tujuanmu untuk mendapat berat badan ideal dan mempertahankannya bisa jadi hanya angan belaka.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *