AsliDomino – Siapa yang tak tahu buah anggur? Buah ini dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki berbagai warna dan bentuk, tergantung jenisnya. Ada anggur ungu, hijau, merah, dan masih banyak lagi. Anggur sendiri dapat dimakan langsung atau bisa diolah menjadi berbagai hidangan atau minuman, seperti kismis, salad buah, hingga wine.

Tak hanya dikonsumsi karena kenikmatan rasanya, banyak orang juga mengonsumsi buah ini untuk mendapatkan khasiatnya. Yaps! Berbagai nutrisi yang dikandung anggur sangatlah bermanfaat untuk tubuh kita. Ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat anggur? Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah!

1. Mencegah kanker

5 Manfaat Anggur pada Tubuh jika Dikonsumsi secara Rutin

Buah anggur diketahui memiliki kandungan senyawa tanaman yang bermanfaat tinggi untuk tubuh, salah satu manfaat tersebut adalah mencegah berbagai jenis kanker.

Salah satu senyawa dalam anggur yang bernama resveratrol telah terbukti dapat mencegah kanker dengan cara mengurangi inflamasi dan mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh,

Pada tahun 2016, tinjauan ilmiah lain dari sumber yang sama membuktikan bahwa kuersetin, antosianin, dan katekin yang terkandung dalam anggur dapat melawan kanker.

2. Menjaga kesehatan jantung

5 Manfaat Anggur pada Tubuh jika Dikonsumsi secara Rutin

Secara garis besar, anggur dapat menjaga kesehatan jantung dengan dua cara. Pertama, buah ini bisa menjaga tingkat tekanan darah yang baik. Hal ini disebabkan oleh sebuah mineral bernama potasium.

Sebuah jurnal dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK
menyimpulkan bahwa asupan potasium yang rendah dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan strok.

Kedua, anggur juga dapat mencegah kadar kolesterol tinggi dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol. Dalam hal ini, salah satu senyawa alami yang bernama polifenol-lah yang berperan penting.

3. Menjaga kesehatan mata

5 Manfaat Anggur pada Tubuh jika Dikonsumsi secara Rutin

Pada tahun 2015 AGEN POKER ONLINE TERBAIK
menunjukkan bahwa resveratrol dapat melindungi sel-sel retina pada mata manusia dari sinar ultraviolet A. Hal tersebut dapat menurunkan risiko pengembangan age-related macular degeneration (AMD).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa zeaksantin dan lutein yang terkandung dalam anggur dapat melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya biru. Wah, keren banget ya!

4. Meningkatkan memori dan mood

5 Manfaat Anggur pada Tubuh jika Dikonsumsi secara Rutin

Berbagai penelitian telah berhasil membuktikan bahwa mengonsumsi buah anggur secara rutin dapat menyehatkan otak dan meningkatkan daya ingat dan mood.

Dalam studi tersebut, dua puluh orang dewasa yang sehat menunjukkan meningkatnya kecepatan keterampilan yang berhubungan dengan memori dan mood mereka dua puluh menit setelah mengonsumsi 230 ml jus anggur.

5. Mencegah berbagai penyakit kronis

5 Manfaat Anggur pada Tubuh jika Dikonsumsi secara Rutin

Fakta di atas diperkuat dengan hasil dari sebuah studi lain tahun 2012 dari sumber yang sama. Dalam studi tersebut, 24 pria yang mengidap sindrom metabolik mengalami peningkatan jumlah senyawa antiinflamasi dalam darah mereka setelah mengonsumsi ekstrak bubuk ekstrak anggur yang setara dengan 252 gram buah anggur segar.

Nah, itulah deretan khasiat buah anggur yang menyehatkan tubuh kita. Namun ingatlah, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jadi, selalu bijaklah dalam mengonsumsinya, ya!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *