AsliDomino – Berdasarkan kandungan gizi tersebut, berbagai manfaat atau khasiat buah jambu biji, baik yang berwarna merah maupun putih, antara lain:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Jambu biji adalah salah satu buah dengan kandungan tinggi vitamin C, bahkan kadarnya empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk. Adapun vitamin C merupakan salah satu senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Senyawa ini bekerja dengan memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh serta melawan radikal bebas.

2. Meredakan flu dan batuk

Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C dalam jambu biji juga bagus untuk meredakan batuk dan flu. Kandungan ini bersifat antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu memecah lendir serta menghilangkan kuman yang bersarang pada tenggorokan dan sistem pernapasan. Namun, tidak hanya dari buah, manfaat ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi teh dari daun jambu biji

3 Kandungan Jambu Biji yang Ampuh Menjaga Imun Tubuh

Anda perlu selalu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh atau sistem imun bekerja dengan melindungi Anda dari kuman penyebab penyakit. Sistem imun dipengaruhi oleh gaya hidup yang Anda jalani dan salah satunya adalah pola makan seimbang. Pola makan seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, serta buah dan sayur sebagai sumber nutrisi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah jambu biji secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Kandungan antioksidan dalam jambu biji dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya dapat membantu mengontrol tekanan darah, dan serat bisa menurunkan kolesterol yang dapat membahayakan kesehatan jantung.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam jambu biji juga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda. Satu buah jambu biji bisa mengandung 12 persen serat dari rekomendasi harian Anda. Dengan demikian, mengonsumsi buah jambu biji dapat membantu mencegah sembelit, mengurangi durasi diare, dan untuk menjaga kesehatan usus Anda secara keseluruhan.

5. Membantu mencegah kanker

Jambu biji adalah tumbuhan yang dimanfaatkan untuk membantu mengobati penyakit kanker. Pasalnya, berbagai penelitian menemukan, seluruh bagian tumbuhan jambu biji, baik dari ekstrak buah, biji, maupun daun, memiliki khasiat untuk melawan sel kanker, termasuk kanker prostat, kanker usus besar, leukemia, dan melanoma. Ini karena kandungan vitamin C, likopen, dan quercetin di dalamnya bersifat antioksidan dan antikanker.

6. Menurunkan kadar gula darah

Buah jambu biji, baik merah maupun putih, memiliki khasiat untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga buah ini baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya, jambu biji memiliki indeks glikemik yang rendah serta tinggi serat, yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Tak hanya itu, para ahli meyakini minum teh daun jambu biji pun dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus tipe 2.

7. Menurunkan berat badan

Anda sedang menurunkan berat badan? Jika ya, Anda bisa mengonsumsi buah jambu biji atau jusnya setiap hari sebagai camilan sehat untuk diet. Sebab, kadar kalori buah jambu biji sangat rendah, tetapi kaya akan serat serta vitamin dan mineral yang cocok untuk diet. Tak hanya itu, kandungan gula dalam jambu biji pun tidak setinggi buah lainnya, seperti jeruk atau apel.

8. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A adalah salah satu nutrisi penting untuk dapat menjaga kesehatan mata. Adapun buah jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin A yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat tersebut. Pasalnya, vitamin A dalam buah jambu biji dapat membantu meningkatkan penglihatan sekaligus mencegah degenerasi makula dan perkembangan katarak.

9. Meningkatkan kesehatan mulut

Tidak hanya manfaat dari buah jambu biji. Daun jambu biji mengandung senyawa antioksidan dan antibakteri yang dapat membunuh kuman dan melawan infeksi, sehingga bisa membantu meredakan gigi dan gusi yang meradang serta nyeri. Hanya saja, khasiat ini bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi teh atau jus dari ekstrak daun jambu biji.

10. Meredakan stres

Jika Anda sedang stres, minum jus jambu biji merah atau mengonsumsi buahnya sebagai camilan bisa membantu Anda rileks. Manfaat ini bisa diperoleh karena kandungan magnesium yang ada di dalam buah jambu biji. Adapun magnesium dapat membantu mengendurkan saraf yang lelah serta otot yang tegang.

11. Mencegah penyakit tiroid

Penyakit tiroid adalah gangguan pada kelenjar tiroid yang terkadang menyebabkan pembengkakan di area leher (penyakit gondok). Untuk membantu mencegah penyakit tiroid, mengonsumsi buah jambu biji secara rutin bisa menjadi salah satu caranya. Pasalnya, buah ini mengandung mineral tembaga serta serat yang membantu mengatur, melindungi, serta meningkatkan fungsi kelenjar tiroid.

12. Memperlambat penuaan pada kulit

Manfaat jambu biji untuk kesehatan kulit berasal dari berbagai nutrisi. Kandungan antioksidan, seperti betakaroten dan likopen, membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Hal ini bisa memperlambat proses penuaan, mencegah keriput, serta mengencangkan kulit. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi buahnya langsung atau menjadikan sebagai masker wajah.

13. Mengobati jerawat

Kegunaan jambu biji untuk kulit yang kedua adalah membantu mengobati jerawat. Khasiat tersebut berkat efek antiinflamasi dan antibakteri dalam daun jambu biji, serta kandungan vitamin K yang membantu mengatasi jerawat, memudarkan flek hitam, serta menghilangkan perubahan warna kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan ekstrak daun jambu biji ke area wajah Anda.

14. Meningkatkan daya ingat

Buah jambu biji juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan otak Anda. Sebagai contoh, vitamin B dan kalium dalam buah ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi ke otak. Kedua zat gizi ini bisa meningkatkan fungsi kognitif, termasuk konsentrasi dan daya ingat. Sementara itu, kandungan antioksidannya pun bisa membantu menyehatkan otak Anda.

15. Mengobati demam berdarah

Manfaat jambu biji untuk DBD (demam berdarah) tentu sudah sering Anda dengar. Penemuan dari beberapa penelitian, ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus dengue, menghindari perdarahan pada penderita DBD, serta meningkatkan trombosit. Tak hanya daunnya, buah atau jus jambu biji merah pun memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan DBD.

Kebutuhan Kalori

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *