AsliDomino – Tak seperti daging, ikan, atau buah, sayuran cenderung kurang digemari karena tekstur atau rasanya yang pahit atau hambar. Padahal, di dalam sayuran terkandung berbagai nilai gizi penting yang dibutuhkan tubuh supaya tetap sehat. Kurang makan sayur bisa menimbulkan konsekuensi yang tidak bisa dianggap remeh.

Untuk tahu apakah jumlah asupan sayuranmu tercukupi, yuk, kenali tanda-tanda kamu kurang makan sayur lewat pembahasan di bawah ini.

1. Bad mood

Apa yang masuk ke dalam perut ternyata bisa memengaruhi suasana hati. Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERBAIK menyimpulkan, pola makan yang tinggi asupan buah, sayuran, biji-bijian utuh, ikan, minyak zaitun, susu rendah lemak,antioksidan, serta rendah asupan pangan hewani, berdampak terhadap penurunan risiko depresi.

2. Daya penglihatan menurun

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penglihatan menurun. vitamin A merupakan kelompok senyawa retinoid larut lemak dan terlibat dalam berbagai fungsi tubuh, antara lain pada sistem imun, penglihatan, sistem reproduksi, dan komunikasi seluler.

3. Gusi berdarah

tanda lain dari kekurangan asupan sayur adalah gusi berdarah akibat defisiensi vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi penting dalam tubuh, di antaranya mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan sistem imun, serta sebagai antioksidan, yakni senyawa yang membantu mencegah kerusakan sel.

4. Kulit kusam

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA ahli gizi dan nutrisi terdaftar serta penulis The Small Change Diet, sayuran kaya akan kandungan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat efek buruk dari radikal bebas.

Selain itu, beberapa jenis sayuran, misalnya tomat, tinggi kandungan air, sehingga dapat membantu melembapkan kulit. Dengan begitu, kulit kamu gak terlihat kusam lagi.

5. Gampang lelah

Tanda lainnya kalau kamu kurang makan sayur adalah sering merasa lelah. Mengutip dari The Healthy, hal ini bisa disebabkan kekurangan folat (vitamin B9). Menurut Abby Sauer, RD, MPH, ahli gizi di Abbott, defisiensi folat dapat memicu kelelahan dan anemia.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi sayuran sumber vitamin B seperti asparagus, sayuran berwarna hijau gelap, kacang polong hitam atau black-eyed peas, kacang merah, buncis, atau lentil.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *