AsliDomino – Gula adalah bentuk paling sederhana dari karbohidrat. Ada banyak tipe gula, mulai dari gula pasir biasa hingga sirup fruktosa. Terlepas dari apa tipe gulanya, tubuh kita akan memecah gula-gula ini menjadi glukosa, yang berfungsi sebagai salah satu sumber energi.

Meski bermanfaat bagi tubuh, tapi terlalu banyak mengonsumsi gula bisa membahayakan tubuh. Inilah lima tanda bahwa tubuhmu terlalu banyak mengonsumsi gula!

 

1. Masalah pencernaan dan metabolisme yang tidak lancar

Beberapa riset yang dikeluarkan AGEN POKER ONLINE TERBAIK
menyatakan bahwa kemungkinan gula bisa menurunkan jumlah bakteri sehat di dalam usus sehingga membuat sistem pencernaan menjadi terganggu. Terlalu banyak gula pasir tidak akan membuat tubuh menjadi sehat.

2. Jerawat di area mulut dan dagu

Ketika banyak orang yang menganggap konsumsi gula gak ada hubungannya dengan jerawat, beberapa ahli menyatakan sebaliknya. Secara teori, sebenarnya gula malah meningkatkan produksi hormon, terutama androgen, yang ada kaitannya dengan jerawat hormonal dan biasanya muncul di area rahang dan mulut. Kalau kamu jerawatan dan gak tahu apa penyebabnya, coba kurangi konsumsi gula.

3. Suasana hati terganggu/mood swings

Beberapa studi yang juga dikeluarkan AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA bahwa konsumsi gula ada kaitannya dengan gangguan suasana hati seperti depresi. Selain itu, gula juga bisa mengacaukan neurotransmitter di otak yang biasanya mengendalikan suasana hati. Gula menyebabkan peningkatan hormon serotonin yang bisa mengacaukan keseimbangan karbohidrat di dalam tubuh dan bisa membuat tubuh lebih lelah dan cranky dalam jangka panjang.

4. Insomnia

Makan kue atau cake dengan kandungan gula yang cukup tinggi menjelang jam tidur bisa membuatmu susah tertidur. Gula akan memberi dorongan energi dengan menaikkan kadar gula darahmu yang akan selalu membuatmu susah tertidur. Sebaiknya hindari makan apapun minimal dua jam sebelum tidur sehingga sistem pencernaanmu bisa lebih rileks dan tubuhmu akan lebih mudah tertidur.

5. Keriput di kulit

Konsumsi gula terlampau banyak bisa membuat kulit keriput lebih cepat. Ini dikarenakan gula bereaksi dengan protein dalam aliran darah dan membentuk advanced glycation endproducts (AGEs) yang merusak struktur protein di kolagen kulit dan mengurangi elastisitas kulit. Terlalu banyak konsumsi gula bisa membuat kulitmu keriput lebih cepat dan menyebabkan penuaan dini.

Mengonsumsi makanan manis memang selalu nikmat dan tak tertahankan, tapi akan selalu ada harga yang dibayar untuk gaya hidup yang tidak sehat. Sebaiknya mulailah untuk mengurangi konsumsi gula di minuman dan makananmu ya!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *