AsliDomino – Meskipun, sayuran menyehatkan karena menawarkan nutrisi penting, tetapi ada jenis sayuran yang perlu dihindari saat kamu sedang diare. Kenapa? Karena beberapa sayuran mengandung banyak gas, misalnya brokoli, kembang kol, atau buncis yang malah bisa memperburuk gejaladiare.

Selain itu, beberapa buah-buahan pun kurang baik dikonsumsi saat diare, misalnya pepaya, nenas, anggur, atau ceri.

Nah, supaya tidak salah pilih, berikut ini adalah daftar buah dan sayuran yang direkomendasikan saat kamu sedang mengalami diare. Catat, ya!

1. Kelapa

5 Buah dan Sayur yang Perlu Dikonsumsi saat Diare, Biar Cepat Reda!

Kandungan air serta elektrolit tinggi pada buah kelapa sudah menjadi rahasia umum yang diketahui banyak orang. Tak heran jika air kelapa sering dikonsumsi untuk membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK air kelapa memang mengandung elektrolit alami, seperti kalium, natrium, dan mangan.

Kandungan alami elektrolit buah kelapa inilah yang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, baik karena aktivitas berat maupun diare. Tak hanya air kelapa, daging buahnya juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti dikutip dalam Livestrong.

2. Semangka

5 Buah dan Sayur yang Perlu Dikonsumsi saat Diare, Biar Cepat Reda!

Buah semangka merupakan salah satu buah yang mengandung kadar air cukup tinggi, yakni hampir 92 persen. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang yang menggemarinya, apalagi bila dikonsumsi saat cuaca panas!

Berkat kandungan airnya yang tinggi inilah yang membuat semangka sangat cocok untuk dikonsumsi saat kamu mengalami diare ataupun dehidrasi.

Tak cuma itu, semangka juga tinggi akan vitamin A dan C, yang mana ini baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

3. Wortel

5 Buah dan Sayur yang Perlu Dikonsumsi saat Diare, Biar Cepat Reda!

Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang masih aman dikonsumsi pada orang-orang yang sedang mengalami diare.

Dilansir Livestrong, wortel mengandung senyawa pektin yang akan mengurangi sensasi tidak nyaman pada perut dan dapat membuat feses menjadi lebih padat namun tetap lunak.

Wortel juga mengandung banyak vitamin yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Apel

5 Buah dan Sayur yang Perlu Dikonsumsi saat Diare, Biar Cepat Reda!

Saat mengalami diare, tubuh akan terasa lemas akibat kekurangan cairan dan juga energi. Namun, jangan khawatir karena buah apel bisa menjadi salah satu cara penanganannya. Buah yang satu ini kaya akan karbohidrat serta gula yang bisa mendongkrak energi.

Dalam penelitian tersebut, anak-anak yang juga minum jus buah apel selain larutan oralit ternyata lebih cepat sembuh dibandingkan anak-anak yang hanya minum oralit. So, kamu tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi buah apel saat diare menyerang.

5. Pisang

5 Buah dan Sayur yang Perlu Dikonsumsi saat Diare, Biar Cepat Reda!

Pisang termasuk salah satu jenis buah yang disarankan bagi penderita diare.buah pisang merupakan sumber potasium atau kalium, salah satu elektrolit yang bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.

Ditambah lagi buah apel juga mengandung vitamin C, vitamin B6, folat, kalium, karbohidrat kompleks, serta pektin yaitu sejenis serat yang larut dalam air. Berbagai vitamin tersebut tentu sangat baik untuk melawan infeksi bakteri penyebab diare serta meningkatkan stamina tubuh.

Nah, saat kamu sedang tersedang diare, itulah rekomendasi buah dan sayur yang bisa dikonsumsi. Semoga lekas pulih!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *