AsliDomino – Buah merupakan salah satu menu wajib saat diet. Ini karena buah biasanya rendah kalori dan tinggi akan kandungan nutrisi. Namun, beberapa buah memiliki kandungan gula yang tinggi. Meskipun gula dalam buah-buahan merupakan gula alami, tetapi gula ini masih bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Karena alasan ini, ada beberapa buah yang sebenarnya kurang cocok dikonsumsi saat kamu sedang diet untuk menurunkan berat badan. Meski begitu, bukan berarti kamu harus menghindarinya secara total.

Apa saja buah yang perlu dibatasi konsumsinya saat sedang diet? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Alpukat

7 Buah yang Kurang Cocok Dikonsumsi Saat Diet, Batasi Asupannya!

Alpukat adalah salah satu buah favorit banyak orang karena manfaat kesehatannya. Sayangnya, alpukat juga tinggi akan lemak dan kalori. Menurut laman Pop Culture, satu cangkir alpukat yang dihaluskan mengandung 384 kalori.

Namun, lemak di dalam alpukat adalah jenis lemak baik yang ramah buat jantung, sehingga makan alpukat sesekali tidak akan menimbulkan masalah. Akan tetapi, alpukat tidak boleh dimakan terlalu banyak atau dijadikan camilan yang bisa dimakan kapan saja saat kamu sedang diet.

2. Semangka

7 Buah yang Kurang Cocok Dikonsumsi Saat Diet, Batasi Asupannya!

Semangka dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan air dan bisa menjadi suguhan yang menyegarkan saat cuaca sedang panas. Meskipun begitu, kamu perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya karena semangka mengandung gula yang tinggi. Dijelaskan dalam laman Pop Sugar, satu irisan besar semangka dapat mengandung hingga 17 gram gula.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu perlu menghindarinya secara total mengingat buah ini sangat segar dan dapat mencegahdehidrasi. Hanya saja, perhatikan porsinya saat makan. Satu cangkir potongan semangka

3. Pisang

7 Buah yang Kurang Cocok Dikonsumsi Saat Diet, Batasi Asupannya!

Pisang adalah salah satu buah yang mudah ditemukan dan cocok dinikmati kapan saja. Namun, pada kenyataannya, pisang juga tinggi akan kandungan gula, yaitu sekitar 25 persen, dilansir Byrdie.

Meskipun pisang adalah sumber kalium dan mikronutrien yang baik, tetapi ada banyak buah lain yang menawarkan lebih banyak nutrisi dengan kalori yang lebih sedikit, seperti bluberi dan rasberi. Pisang memang tidak buruk untukmu, tetapi kamu tidak boleh sering mengonsumsinya sebagai pengganti makanan.

4. Anggur

7 Buah yang Kurang Cocok Dikonsumsi Saat Diet, Batasi Asupannya!

Anggur bisa menjadi camilan manis yang sehat. Namun, kamu juga tetap harus memperhatikan porsinya. Kamu bisa makan anggur maksimal sebanyak 17 butir. Lebih dari itu, ini akan merusak program penurunan berat badanmu karena buah ini tinggi akan kandungan gula.

Mengutip laman Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu cangkir anggur mengandung 15 gram gula. Meskipun begitu, sebenarnya anggur juga merupakan sumber polifenol yang baik untuk melawan peradangan dan sumber vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh, serta vitamin K yang membangun tulang. Jadi, jangan menghindari buah ini, hanya saja batasi konsumsinya.

5. Nanas

7 Buah yang Kurang Cocok Dikonsumsi Saat Diet, Batasi Asupannya!

Nanas adalah buah tropis yang paling cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Sayangnya, kamu harus membatasi konsumsi buah ini saat sedang diet. Alasannya, nanas tinggi akan kandungan gula dan kalori yang bisa merusak diet penurunan berat badan.

6. Delima

7 Buah yang Kurang Cocok Dikonsumsi Saat Diet, Batasi Asupannya!

Delima mengandung banyak vitamin dan dapat menurunkan risiko masalah jantung. Selain itu, dilansir Ripe, konsumsi delima sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa atlet.

Masalahnya adalah, satu buah delima mengandung hingga 39 gram gula, sehingga buah ini tidak boleh dikonsumsi terlalu sering karena tinggi akan kandungan kalori. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari buahnya, cukup makan satu buah sebelum berolahraga.

7. Buah-buahan kering

7 Buah yang Kurang Cocok Dikonsumsi Saat Diet, Batasi Asupannya!

Buah-buahan yang dikeringkan dapat menjadi camilan sehat bila dikombinasikan dengan lemak dan protein yang sehat, seperti kacang-kacangan atau biji-bijian. Namun, makan terlalu banyak buah kering justru dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Buah kering mengandung lebih banyak gula per porsi karena dalam bentuk kental dan kering. Karena buah utuh mengandung air, maka buah utuh akan membuat kamu merasa lebih kenyang dan terhidrasi, sehingga lebih baik makan buah utuh daripada buah kering.

Buah merupakan salah satu makanan tersehat yang menyediakan banyak nutrisi esensial, sehingga kamu tidak perlu benar-benar menghilangkan semua buah di atas dari dietmu. Yang terbaik adalah membatasi konsumsinya dan menerapkan pola makan bergizi seimbang.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *