BerkahPoker – Pikun atau demensia merupakan sekumpulan gejala yang muncul akibat penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia. Tidak hanya menyebabkan pikun serta sulit berpikir, tetapi juga kesulitan mengatur emosi, kesulitan berbicara dan kesulitan bergerak lancar. Gejala-gejala ini akan semakin parah seiring berjalannya waktu.

Di lansir oleh AGEN POKER ONLINE TERPERCAYAternyata kamu sendiri bisa melatih 9 hal ini untuk mengurangi resiko demensia , berikut :

1. Tidur yang cukup

Insomnia dan masalah tidur lainnya adalah hal yang umum bagi penderita demensia. Sedini mungkin, buang kebiasaan tidur malammu yang sebentar, karena tidur dengan waktu yang cukup akan membuang racun otak dan membentuk ingatan yang lebih kuat. Tidurlah setidaknya 8 jam di malam hari.

2. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga merupakan cara yang paling efektif untuk menurunkan risiko demensia. Selain itu, olahraga teratur juga dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Bagi orang-orang yang masalah kognitifnya sudah terlanjur berkembang, olahraga secara rutin juga bisa memperlambat kerusakan saraf otak lebih lanjut.

3. Jaga berat badan

Cara berikutnya adalah dengan menjaga berat badan. Karena berat badan berlebih bisa meningkatkan tekanan darah yang meningkatkan risiko demensia. Menjaga berat badan bukan hanya untuk mengurangi risiko demensia saja, tetapi sangat banyak manfaatnya. Kamu akan mengalami penurunan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

4. Hidup dengan pola makan yang sehat

Perbanyak konsumsi protein, lemak baik (misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, salmon, minyak zaitun), karbohidrat kompleks (misalnya beras merah, kentang, jagung, ubi, gandum dan biji-bijian utuh), dan omega-3. Batasi makanan asin, tinggi kolesterol dan tinggi lemak trans karena bisa meningkatkan tekanan darah. Batasi juga konsumsi minuman keras karena dapat memicu kerusakan jaringan otak dan kemudian demensia.

6. Aktif berhubungan sosial

Para ahli mengatakan bahwa rasa kesepian dapat meningkatkan risiko demensia. Sebaliknya, aktif berhubungan sosial memiliki kaitan dengan risiko demensia yang lebih rendah. Dengan berinteraksi dengan orang lain, otak akan bekerja lebih aktif untuk menentukan bagaimana kamu harus bersikap, memberikan respons, menyatakan pendapat, dan lain sebagainya.

9. Cari pertolongan ketika depresi

Di lansir AGEN POKER ONLINE  jika kamu depresi segera cari pertolongan ketika merasa stres dan depresi. Berceritalah kepada teman, saudara, atau layanan psikologi; lalu segera buang jauh-jauh rasa stres. Karena ketika depresi, terjadi beberapa perubahan di dalam otak yang dapat mempengaruhi risiko demensia. Kadar hormon stres kortisol yang tinggi dihubungkan dengan penyusutan area otak yang penting bagi memori/ingatan.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *