AsliDomino – Masa subur perempuan paling tinggi berada di usia 20-an, dan kemudian terus menurun seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu, perempuan harus menjaga kesuburannya, baik yang ingin hamil ataupun yang ingin menunda kehamilan.

Kabar baiknya, perempuan bisa meningkatkan kesuburan dengan cara alami dan aman. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya!

  • Makan makanan yang kaya akan antioksidan

Antioksidan, seperti folat dan seng, dapat meningkatkan kesuburan, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Folat dan seng bermanfaat untuk menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sperma dan sel telur.

  • Miliki berat badan yang sehat

Memiliki berat badan berlebih dapat mengurangi peluang bagi para perempuan untuk hamil, begitu pula dengan tubuh yang terlalu kurus.

Dijelaskan dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA
, perempuan yang kelebihan berat badan membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk hamil daripada perempuan yang indeks massa tubuhnya ideal. Sementara itu, perempuan yang terlalu kurus kemungkinan butuh waktu empat kali lebih lama untuk hamil.

  • Kurangi olahraga berat

Aktif bergerak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, begitu pula bagi perempuan hamil. Aktif secara fisik dapat membantu tubuh perempuan mempersiapkan diri untuk menghadapi tuntutan kehamilan dan persalinan. Meskipun demikian, melakukan olahraga berat yang terlalu sering justru dapat mengganggu ovulasi.

  • Kurangi karbohidrat bagi penderita PCOS

Umumnya, perempuan dengan sindrom ovarium polikistik (polycystic ovarian syndrome atau PCOS) direkomendasikan untuk mengikuti rencana makan rendah karbohidrat, dengan asupan kurang dari 45 persen.

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, asupan karbohidrat memberikan efek menguntungkan pada beberapa aspek PCOS.

  • Jauhi rokok

Merokok telah diketahui dapat memicu gangguan kesuburan, baik pada perokok perempuan maupun laki-laki. Ini karena bahan kimia yang ditemukan dalam asap rokok, seperti nikotin dan karbon monoksida, dapat mempercepat tingkat kehilangan sel telur perempuan, menurut American Society for Reproductive Medicine.

Merokok membuat ovarium mengalami penuaan dini dan menghabiskan pasokan telur sebelum waktunya. Hal ini juga berlaku bagi perokok pasif, yang dapat memengaruhi peluang untuk hamil.

 

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *