AsliDomino – Melakukan aktivitas berat saat cuaca panas memberi beban ekstra pada tubuh. Jika kamu tidak berhati-hati, misalnya saat kerja fisik atau olahraga saat panas terik, kamu berisiko terkena masalah kesehatan serius.

Dalam kondisi normal, kulit, pembuluh darah, dan tingkat keringat menyesuaikan dengan panas. Akan tetapi, sistem pendingin alami ini bisa gagal berfungsi jika tubuh terpapar suhu tinggi dan kelembapan terlalu lama.

Akibatnya, kondisi tersebut mungkin akan menyebabkan berbagai masalah pada tubuh yang berhubungan dengan panas, seperti berikut ini:

1. Heat stroke

Salah satu dampak suhu ekstrem yang paling berbahaya bagi tubuh adalah heat stroke. Melansir laman AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, kondisi ini dimulai saat kamu tidak dapat mengontrol suhu tubuh, yang bisa mencapai di atas 40 derajat C. Kemudian, kulit menjadi hangat dan kering. Kamu juga akan mengalami kebingungan atau gelisah, denyut nadi cepat, mual, dan sakit kepala.

2. Dehidrasi

suhu yang sangat panas bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan terlalu banyak cairan, bersama dengan mineral penting seperti natrium dan kalium. Kamu mungkin haus dan buang air kecil lebih sedikit dari biasanya, dan mulut serta lidah mungkin terasa kering. Kamu bahkan bisa merasa pusing dan bingung.

3. Heat syncope

Heat syncope juga dikenal sebagai orthostatic dizziness. Ini mengacu pada episode pingsan yang dialami individu akibat berada dalam suhu lingkungan yang tinggi, biasanya selama hari-hari awal paparan panas.

4. Biduran panas

Biduran panas, juga dikenal sebagai cholinergic urticaria (CU), adalah jenis biduran yang muncul saat suhu tubuh meningkat. Biduran ini cenderung keluar ketika kamu berkeringat karena berolahraga, gugup, atau kepanasan. Menurut studi pada AGEN POKER ONLINE TERBAIK , kondisi ini terjadi setidaknya pada 15 persen populasi.

5. Tekanan darah menurun

Saat kamu kepanasan, kamu akan berkeringat, yang membuat tubuh kehilangan cairan dan elektrolit. Selain itu, panas membuat pembuluh darah membesar hingga meningkatkan keringat.

Faktor-faktor ini dapat menurunkan tekanan darah, yang terkadang bisa membuat kamu pusing atau bahkan pingsan. Ini bisa menjadi lebih buruk jika jantung tidak memompa secara normal dan tidak dapat menyesuaikan dengan permintaan yang lebih besar, demikian menurut laman WebMD.

Ngeri juga ya akibat yang ditimbulkan dari cuaca panas pada tubuh? Kabar baiknya, kamu bisa mencegah berbagai dampak buruk tersebut dengan cara membatasi aktivitas di luar ruangan saat cuaca panas, mendinginkan tubuh di ruangan dingin, dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *