AsliDomino – Minuman soda, apalagi disajikan dingin, memang sangat menyegarkan. Rasanya yang manis, ditambah sensasi “krenyes” unik dari soda membuat jenis minuman ini kerap jadi pilihan saat nongkrong bareng teman, jadi teman makan camilan, atau diminum untuk melepas dahaga.

Sayangnya, kebiasaan minum minuman bersoda atau konsumsinya yang terlalu sering bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Di antara bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti yang dijabarkan di bawah ini.

1. Bikin kecanduan

Menurut Naik, rasa manis yang sangat intens pada minuman bersoda harusnya bisa membuat seseorang segera muntah setelah minuman tersebut masuk ke dalam tubuh. Hanya saja, penambahan asam fosfat di dalamnya menumpulkan rasa manis, membuat seseorang bisa terus meminumnya tanpa ada masalah.

2. Meningkatkan berat badan

Kondisi kelebihan berat badan atau obesitas tak bisa dianggap sepele karena kondisi tersebut bisa mengundang banyak penyakit berbahaya.

Melansir laman resmi AGEN POKER ONLINE TERBAIK menurut Bonnie Liebman, direktur nutrisi Center for Science in the Public Interest, minuman manis (termasuk minuman bersoda) bisa memicu kenaikan berat badan.

3. Menyebabkan resistansi insulin

Kondisi tersebut mendorong organ pankreas untuk lebih banyak memproduksi insulin demi menghilangkan glukosa dalam darah. Maka, terjadilah lonjakan kadar insulin. Kondisi ini yang kemudian disebut dengan resistansi insulin, yang merupakan salah satu faktor risiko dari diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

4. Menyebabkan penyakit jantung

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Circulation melibatkan 42.883 laki-laki. Dari hasil pengamatan terhadap konsumsi minuman bersoda, disimpulkan bahwa mereka yang meminum satu kaleng minuman bersoda setiap hari berisiko 20 persen lebih besar terkena penyakit jantung koroner, dibanding mereka yang jarang konsumsi minuman karbonasi ini.

5. Risiko kematian dini

Saat ini banyak yang beralih ke minuman soda diet dengan alasan lebih sehat, padahal fakta ilmiahnya tidak demikian.

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, menurut studi yang dimuat dalam jurnal JAMA Internal Medicine, baik minuman soda original, yang menggunakan pemanis alami, maupun soda diet yang menggunakan pemanis artifisial, semuanya sama-sama bisa memicu kematian dini.

Hasil studi yang melibatkan lebih dari 450 ribu orang tersebut menyimpulkan, mereka yang minum dua gelas atau lebih minuman bersoda per hari memiliki risiko 17 persen lebih besar alami kematian dini dibanding mereka yang mengonsumsi soda kurang satu gelas per bulan.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *