AsliDomino – Selingkuh tak cuma perilaku yang menjurus ke arah seksual di luar pasangannya, tetapi bisa berkaitan dengan pornografi, menggoda orang lain yang bukan pasangannya, atau kedekatan emosional dengan orang lain tanpa ada kontak seksual.

Selain itu, orang yang diselingkuhi juga bisa mengalami gangguan makan seperti anoreksia, bulimia, bahkan olahraga gila-gilaan.

Untuk lebih jelasnya, yuk, simak berbagai dampak buruk selingkuh bagi kesehatan, baik orang yang berselingkuh maupun korban perselingkuhan.

1. Stres

Tim peneliti AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA
mensurvei 232 mahasiswa yang diselingkungi selama 3 bulan belakangan, dengan lama hubungan rata-rata 1,76 tahun. Tujuan studi ini adalah untuk mencari tahi bagaimana perilaku dan kesehatan mental mereka terdampak akibat perselingkuhan.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa penilaian negatif (menyalahkan pasangan, menyalahkan diri sendiri, dan atribusi kausal) memiliki efek tak langsung pada perilaku yang membahayakan kesehatan lewat kesehatan mental (depresi, kecemasan, dan stres).

2. Serangan jantung

Risiko ini lebih sering terjadi pada orang-orang dengan riwayat penyakit jantung. Sayangnya, banyak orang yang tak sadar bahwa dirinya punya penyakit jantung sampai akhirnya mengalami stres mendadak.

3. Gangguan tidur

Meski tidak signifikan, tetapi melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, 34 persen orang-orang yang setia memberi nilai A atau B pada kualitas tidurnya, sementara orang-orang yang berselingkuh yang melaporkan tidur nyenyak hanya sekitar 31 persen.

Sekitar seperempat orang yang berselingkuh memberi nilai D atau F pada kualitas tidurnya, sementara pada orang-orang yang setia hanya sekitar 18 persen.

4. Penyakit kronis

Stres yang terjadi akibat perselingkuhan bisa membuat seseorang berisiko mengidap penyakit kronis, seperti hipertensi, obesitas, dan diabetes.

Gangguan kesehatan ini berhubungan dengan efek domino yang menyerang gangguan psikis. Kondisi tersebut terjadi saat perselingkuhan membuat seseorang memiliki gaya hidup tak sehat. Contohnya, pola makannya jadi terganggu atau waktu istirahat dan tingkat aktivitas fisik jadi tak ideal.

5. Penyakit menular seksual

Orang-orang yang melakukan one-night stand, khususnya dalam keadaan mabuk bisa saja melakukan seks dengan orang asing tanpa pengaman, seperti tidak menggunakan kondom. Ini tentu membuat orang tersebut berisiko tertular penyakit menular seksual. Tak hanya membahayakan diri, pasangan sah di rumah pun bisa ikut tertular.

Itulah berbagai dampak buruk bagi kesehatan akibat perselingkuhan. Sebaiknya hentikan perilaku tersebut. Bila penyebab perselingkuhan adalah konflik dengan pasangan, sebaiknya selesaikan masalah hingga tuntas. Bila perlu, lakukan konseling pernikahan untuk membantu mengatasi berbagai konflik.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *