AsliDomino – Cahaya biru merupakan bagian dari spektrum cahaya tampak, yang berenergi tinggi dengan panjang gelombang pendek. Ada banyak sumber cahaya biru, seperti sinar matahari, lampu neon, lampu CFL, lampu LED, televisi, monitor komputer, smartphone, dan layar tablet.

Apa saja risiko yang mungkin ditimbulkan dari paparan cahaya biru? Baca di sini untuk tahu jawabannya.

1. Mengganggu suasana hati

Terdapat hubungan langsung dan tidak langsung antara cahaya dan suasana hati. Sistem yang secara tidak langsung terhubung ke cahaya dan terkait dengan gangguan suasana hati seperti gangguan tidur, plastisitas otak, transmisi saraf, sekresi hormon, dan ekspresi gen.

2. Mengganggu ritme sirkadian

Perubahan fisik, mental, dan perilaku yang mengikuti siklus harian. Utamanya sebagai respons terhadap terang dan gelap di lingkungan organisme.

Pada manusia, ritme sirkadian berperan menyinkronkan proses perilaku dan biologis tertentu melalui siklus harian, yang sebagian diatur oleh sinar matahari. Proses yang diatur oleh ritme sirkadian meliputi perilaku tidur-bangun, sekresi hormon, fungsi sel, dan ekspresi gen. Gangguan pada sistem ini dapat menyebabkan kanker tertentu, disfungsi metabolik, dan gangguan mood.

3. Mata lelah

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK , cahaya biru dari layar komputer dan perangkat digital dapat mengurangi kontras yang menyebabkan digital eyestrain atau kelelahan mata digital.

Kelelahan, mata kering, pencahayaan yang buruk, atau cara duduk yang tidak tepat saat kamu di depan komputer dapat menyebabkan kelelahan mata. Gejalamata lelah ini bisa berupa mata sakit atau iritasi dan kesulitan fokus.

4. Masalah tidur

Pencahayaan waktu malam, khususnya paparan cahaya biru, dapat memengaruhi ritme sirkadian dengan menghambat produksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang mencapai puncaknya pada malam hari untuk membantu kita tidur nyenyak dan mengatur fase tidur sirkadian.

5. Memicu kerusakan kulit

Cahaya biru menimbulkan potensi kerusakan kulit melalui pembentukan radikal bebas. Menurut laman AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA , cahaya biru dapat menginduksi stres oksidatif pada kulit hidup yang dapat berkontribusi pada penuaan kulit.

Bahkan, cahaya biru memiliki kemampuan untuk menembus kulit lebih dalam dibandingkan dengan sinar UVA dan UVB.

Cahaya biru dapat menembus sampai ke dermis, tempat terdapatnya kolagen dan elastin. Selain itu, cahaya biru juga menyebabkan pigmentasi, yang membuat kulit tampak lebih tua.

Itulah beberapa dampak negatif dari paparan cahaya biru. Meskipun kita tidak dapat menghindari paparan cahaya biru secara total, tapi kita bisa melakukan langkah-langkah untuk meminimalkan efeknya, seperti membatasi waktu penggunaan, menggunakan kacamata khusus, dan mengatur pencahayaan.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *