AsliDomino – Merawat hewan peliharaan adalah sebuah komitmen. Tidak hanya sekadar memberi makan dan minum, kesehatan mereka juga hal penting yang harus kita perhatikan. Salah satunya adalah kesehatan gigi dan mulut.

Kesehatan gigi dan mulut pada hewan peliharan seperti anjing dan kucing yang tidak dijaga dengan baik bisa berpotensi menimbulkan penyakit yang lebih serius, bahkan bisa memengaruhi kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Di bawah ini ada hal seputar penyakit gigi dan mulut pada anjing dan kucing yang perlu pet parents perhatikan. Apa saja? Mari kita simak!

1. Kebanyakan penyakit gigi dan mulut ditemukan pada usia 3 tahun

Dilansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, melakukan pengecekan masalah gigi dan mulut pada hewan peliharaan adalah hal penting yang sebaiknya dilakukan sejak dini. Bermula dari plak, jika dibiarkan terus-menerus plak yang menempel pada gigi bisa menjadi ancaman serius.

2. Usia, ras, dan makanan memengaruhi masalah kesehatan gigi dan mulut pada anjing dan kucing

faktor-faktor seperti usia, genetik, nutrisi harian, kebersihan mulut, dan tulang rahang yang kecil berpengaruh dalam penyakit periodontitis baik kucing maupun anjing.

3. Gingivitis dan Periodontitis adalah penyakit gigi dan mulut yang paling umum terjadi pada anjing dan kucing

Penyakit gigi dan mulut merupakan penyakit yang seringkali terjadi pada anjing dan kucing.perkembangan penyakit gigi dan mulut dimulai dari tahap 0 (normal) sampai tahap 4 (parah). Di tahap 1, kita bisa melihat adanya tartar yang melapisi gigi serta gusi yang merah dan bengkak.

4. Bau mulut yang menyengat adalah tanda adanya masalah gigi dan mulut

Gejala lainnya antara lain hewan peliharaan hanya mengunyah makanan pada satu sisi mulutnya, jatuhnya makanan dari mulut saat makan, bengkak pada wajah, adanya darah pada mangkuk air dan mainan yang digigit, air liur yang menetes secara berlebihan, dan luka pada wajah yang tidak kunjung sembuh.

5. Penyebab masalah gigi dan mulut pada anjing dan kucing bukan hanya plak

Penyakit gigi dan mulut seperti gingivitis dan periodontitis bermula dari plak. Namun, tidak hanya plak yang menjadi penyebab masalah gigi dan mulut pada anjing dan kucing.

6. Oral Squamus Cell Carcinoma (SCC), kanker mulut yang paling umum terjadi pada kucing

Dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, Squamus Cell Carcinoma (SCC) termasuk kanker ganas yang tumbuh pada tulang rahang atau lidah. Pada tahap awal, tumor kerap tidak terdeteksi karena lokasinya yang sulit dijangkau oleh pandangan mata, seperti di bawah lidah atau mulut bagian belakang.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *