AsliDomino – Tidur adalah suatu kebutuhan bagi semua manusia. Tidur masih merupakan suatu misteri, sehingga memunculkan banyak mitos yang tak jelas kebenarannya. Dari situ, para peneliti melakukan observasi guna membuktikan apakah mitos yang beredar tersebut didukung fakta ilmiah.

Merangkum dari beberapa sumber, berikut ini adalah berbagai kabar seputar tidur yang ternyata cuma mitos alias kebenarannya tidak terbukti. Simak sampai habis, ya!

  • Otak manusia mati total selama tidur

Tentu saja ini cuma mitos! Faktanya, ketika kita tertidur, otak kita masih dalam keadaan aktif dan berfungsi dengan baik. Ini dibuktikan dengan tubuh yang masih bernapas saat kita terlelap, yang mana ini menandakan bahwa kinerja otak masih berjalan.

  • Orang yang mengingat mimpinya dengan jelas menandakan bahwa tidurnya sangat nyenyak

Kebanyakan orang mengalami mimpi setiap malam, tetapi biasanya mimpi tersebut dalam tahap REM, sehingga mudah terlupakan. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERBAIK  menjelaskan bahwa neuron tertentu yang aktif selama tidur REM mungkin secara aktif juga menekan ingatan akan mimpi itu sendiri, juga menghambat hipokampus, yakni wilayah otak utama untuk penyimpanan memori.

  • Dilarang membangunkan orang yang berjalan sambil tidur

Banyak orang yang menganggap bahwa kalau kita membangunkan orang yang berjalan sambil tidur (sleepwalking), maka orang tersebut bisa kena serangan jantung bahkan bisa mengakibatkan kematian. Katanya, penyebabnya karena ketika dibangunkan dari tidur berjalannya itu, orang tersebut akan merasa kebingungan dan ketakutan. Bagaimana kebenarannya?

  • Minum alkohol sebelum tidur bisa bikin tidurmu nyenyak

Alkohol membuat siklus pengulangan non-REM dan REM yang terjadi dalam keadaan tidur akan rusak. Akibatnya, meskipun alkohol membuat kita tertidur lebih cepat, tetapi tidurmu tidak akan menyegarkan karena efek dari alkohol tersebut.

  • Keju dan beberapa makanan lainnya akan membantu tertidur lebih cepat

Studi dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA (yang terdapat dalam susu, daging kalkun, dan keju). Dari situ, belum ditemukan efek luar biasa pada tidur. Selain itu, kadar asam dalam satu porsi keju atau daging kalkun tidak cukup tinggi untuk membuat perbedaan pada efeknya saat tidur.

Demikianlah berbagai mitos seputar tidur yang jangan lagi kamu percaya. Jangan langsung percaya kabar yang dasarnya adalah “katanya” atau dari sumber yang tidak jelas tanpa cek kebenarannya. Ingat, percaya mitos kesehatan itu ancamannya adalah kesehatanmu sendiri.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *