BerkahPoker – Hormon adalah zat kimia di dalam tubuh hasil produksi kelenjar dalam sistem endokrin. Zat kimia tersebut akan menuju ke dalam jaringan dan organ bersama sirkulasi darah. Hormon sendiri berperan sangat penting bagi tubuh, mulai dari untuk mengatur sistem metabolisme, reproduksi, termasuk mood seseorang.

Tahukah kamu jika perasaan bahagia, semangat, hingga kesedihan yang kita rasakan dipengaruhi oleh hormon? Berfokus pada perasaan positif, berikut ini adalah beberapa hormon yang berperan. Simak, yuk!

1. Dopamin

Dilansir AGEN POKER ONLINE , dopamin berperan besar dalam menumbuhkan motivasi. Ketika kamu bekerja keras untuk mencapai tujuan dan berhasil mendapatkannya, perasaan bahagia dan bangga berasal dari dopamin.

Menurut artikel penelitian yang diterbitkan dalam “Jurnal Sosioteknologi” tahun 2018, juga disebutkan bahwa dopamin berpengaruh dalam motivasi atlet agar tetap bekerja keras dan lebih fokus mencapai tujuan.

2. Serotonin

Fungsi dari serotonin ini banyak sekali, lho, berdampak pada setiap bagian tubuh. Mulai dari emosi hingga keterampilan motorik. Serotonin dianggap sebagai penstabil suasana hati alami. Hormon ini dapat membantu tidur, makan, dan pencernaan. Serotonin juga dapat membantu:

  • Mengurangi depresi
  • Mengatur kecemasan
  • Menyembuhkan luka
  • Merangsang rasa mual
  • Menjaga kesehatan tulang

3. Oksitosin

Oksitosin adalah salah satu hormon tubuh yang berperan dalam proses reproduksi. Dijuluki sebagai “hormon cinta”, oksitosin juga berperan dalam kehidupan percintaan. Kamu yang sedang diselimuti perasaan bahagia dalam sebuah hubungan dengan pasangan tentu memiliki kadar oksitosin yang lebih tinggi.

4. Endorfin

Kamu pernah merasa bahagia setelah melakukan olahraga? Ternyata hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon endorfin dalam tubuh.

Mengutip WebMD, endorfin dapat memunculkan energi dan pikiran yang positif dalam tubuh. Diproduksi di sumsum tulang belakang dan bagian tubuh lainnya, endorfin juga bertindak sebagai penenang.

5. Melatonin

Mengutip informasi dari artikel berjudul “Happiness & Health: The Biological Factors- Systematic Review Article” yang dipublikasikan dalam “Iranian Journal of Public Health” tahun 2014, melatonin berperan dalam menciptakan kebahagiaan dan rasa nyaman.

Selain itu, fungsi penting melatonin dalam tubuh lainnya adalah mengatur tubuh kapan waktunya terjaga dan kapan waktunya tidur.AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *