AsliDomino -Entah karena diet atau kesibukan, banyak perempuan yang melewatkan atau tidak sempat sarapan. Sesekali dilakukan mungkin tidak berbahaya. Namun, bila jadi kebiasaan, bisa menimbulkan risiko kesehatan, lho, baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

Mengapa demikian? Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa yang terjadi pada tubuh bila kamu sering tidak sarapan selama belajar maupun bekerja, dirangkum dari berbagai sumber. Simak, ya!

  • Mengalami kecemasan 

Melewatkan sarapan ternyata berdampak serius pada kesehatan mental. Menurut sebuah penelitian yang dilaporkan dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK, remaja yang melewatkan makan pagi lebih mungkin mengalami stres dan depresi dibandingkan mereka yang rutin sarapan.

  • Penurunan energi

Melewatkan makan khususnya, sarapan, lebih sedikit asupan kalori yang diterima tubuh. Hal tersebut tentu saja bisa membuatmu kelelahan di tengah aktivitas.

Kamu juga tidak boleh melewatkan sarapan jika ingin membakar kalori dengan berolahraga. Hal ini akan menyisakan lebih sedikit lagi energi untuk digunakan di otak.

  • Mengidam makanan yang tinggi gula dan karbohidrat

Salah satu konsekuensi dari tidak sarapan yaitu mengabaikan tanda-tanda rasa lapar dan lebih mengidam pada makanan yang mengandung karbohidrat dan gula sederhana. Hal tersebut karena tubuh menginginkan semburan energi yang cepat dan singkat.

Hal tersebut akan mengacaukan rencana dietmu yang dapat membuatnya menjadi bumerang dengan menyebabkan makan berlebihan.

  • Berisiko kekurangan gizi

Melewatkan makan dapat menyebabkan kekurangan gizi nutrisi karena beberapa alasan. Dalam sebuah penelitian tahun 2017 yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Massachusetts Medical School, Amerika Serikat, ditemukan bahwa mereka yang tidak sarapan memiliki asupan tiamina, niasin, dan folat harian yang lebih rendah.

Sementara itu, orang yang biasa sarapan memiliki asupan lebih banyak serat dan lebih sedikit lemak dan gula.

  • Menyebabkan siklus haid tidak teratur

Berdasarkan sebuah penelitian berjudul AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA mahasiswi yang secara konsisten melewatkan sarapan pagi mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.Jadi, itulah berbagai risiko kesehatan yang bisa dialami perempuan bila sering melewatkan sarapan. Beberapa di antaranya juga bisa dialami laki-laki. Maka dari itu, sempatkan untuk selalu sarapan, ya. Banyak, kok, menu sarapan sehat yang bisa disiapkan dengan cepat, seperti roti dengan selain kacang dan pisang, oatmeal dengan potongan buah, smoothie buah dan sayuran, yoghurt dengan kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *