AsliDomino – Pastinya kamu ingin mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Namun, jika kamu tidak makan cukup kalori, misalnya karena diet, nafsu makan menurun, atau alasan lain, itu bisa mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan, baik fisik maupun mental.

Umumnya orang yang kelebihan atau obesitas atau punya kondisi terkait lainnya sering mengabaikan betapa bahayanya kurang makan bagi bagi kesehatan tubuh dan kesejahteraan.

Berikut ini adalah beberapa hal buruk yang bisa dialami tubuh akibat kurang makan. Simak daftarnya satu per satu, ya!

1. Kelelahan terus-menerus

Inilah 10 Akibatnya Kalau Kamu Kurang Makan, Jangan Sepelekan!

Kurang makan kemungkinan besar akan menunjukkan rasa lelah terus-menerus. Tubuh mendapatkan energi dari kalori makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tubuh juga membutuhkan sejumlah kalori energi untuk berfungsi dengan baik.

Bila asupan kalori lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh, maka akan berdampak buruk pada tingkat energi, yang bisa menyebabkan perasaan lelah fisik dan mental. Produktivitasmu pun jadi terganggu.

Selain itu, tingkat kalori yang rendah juga memengaruhi kinerja fisik dan kebugaran. Menurut sebuah studi dalam jurnal Nutrients tahun 2013, seseorang dengan gangguan makan yang mengonsumsi terlalu sedikit kalori memiliki kebugaran fisik dan performa olahraga yang buruk.

2. Lebih sering sakit

Inilah 10 Akibatnya Kalau Kamu Kurang Makan, Jangan Sepelekan!

Makan terlalu sedikit mengakibatkan tubuh tidak mendapat asupan nutrisi cukup yang dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang memadai untuk melawan penyakit. Akibatnya, kamu bisa gampang kena flu atau gejala yang dirasakan bertahan lebih lama.

Oleh karena itu, memenuhi asupan gizi sehat dan berimbang sangat penting bagi orang-orang dengan sistem imun yang lemah, misalnya anak kecil atau lansia.

3. Merasa kedinginan sepanjang waktu

Inilah 10 Akibatnya Kalau Kamu Kurang Makan, Jangan Sepelekan!

Bila kamu terus-menerus merasa kedinginan, bisa jadi karena kamu kurang makan. Ingat, tubuh perlu membakar sejumlah kalori untuk menciptakan panas dan mempertahankan suhu tubuh yang sehat dan nyaman.

Oleh sebab itu, kamu butuh asupan kalori yang cukup untuk menjaga suhu tubuh yang sehat. Asupan kalori yang terlalu sedikit bisa menurunkan suhu inti tubuh, sehingga tubuh jadi merasa kedinginan yang konstan.

Merujuk sebuah studi tahun 2011 yang dipublikasikan dalam jurnal Aging (Albany NY), orang yang melakukan pembatasan kalori suhu inti tubuhnya jauh lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi lebih banyak kalori.

4. Depresi

Inilah 10 Akibatnya Kalau Kamu Kurang Makan, Jangan Sepelekan!

Depresi adalah gangguan suasana hati (mood) yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli. Gejala depresi yang perlu diwaspadai adalah merasa sedih lebih dari 2 minggu, putus harapan, atau merasa tidak berharga.

Meski malnutrisi bukanlah penyebab depresi, tetapi ada bukti yang menunjukkan hubungan antara nutrisi buruk dan depresi. Merujuk sebuah penelitian tahun 2009 terhadap ibu hamil yang diterbitkan di jurnal Epidemiology, gejala depresi dikaitkan dengan asupan asam lemak omega3 yang lebih rendah.

Selain itu, penelitian lainnya yang menggunakan data dari 31.424 orang dewasa yang dipublikasikan dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK menemukan, mereka yang mengalami depresi memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah.

5. Sembelit

Inilah 10 Akibatnya Kalau Kamu Kurang Makan, Jangan Sepelekan!

Asupan kalori yang tidak memadai juga bisa mengakibatkan sembelitatau sulit buang air besar.

Sembelit biasanya ditandai dengan frekuensi buang air besar 3 kali atau kurang dalam seminggu, feses keras, dan sulit dikeluarkan. Masalah ini umum dialami lansir dan bisa diperparah dengan pola makan yang buruk.

Selain itu, diet dan makan terlalu sedikit juga dapat menyebabkan sembelit pada orang yang lebih muda karena tingkat metabolisme tubuh yang melambat.

6. Gangguan pertumbuhan pada anak muda

Inilah 10 Akibatnya Kalau Kamu Kurang Makan, Jangan Sepelekan!

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, kurang makan bisa menyebabkan ketidakseimbangan gizi yang merusak aspek perkembangan tertentu, seperti pertumbuhan tulang yang sehat.

Selama masa pubertas, nutrisi yang tepat sangat penting untuk memungkinkan tulang tumbuh dan kuat. Tanpanya, seseorang mungkin secara permanen lebih kecil atau lebih lemah daripada teman-teman seusianya.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *