AsliDomino – Buang air besar merupakan mekanisme alami tubuh untuk menjaga fungsi dan kesehatan tubuh. Karenanya, tiap orang perlu buang air besar secara teratur.

Hanya saja, terkadang orang merasa perlu menunda buang air besar (BAB) karena merasa malu atau berada di waktu yang tidak tepat. Meskipun menahan BAB sesekali tidak berbahaya, tetapi kebiasaan menunda-nunda dapat menyebabkan berbagai masalah serius.

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa bahaya yang mungkin terjadi akibat kebiasaan menunda buang air besar.

  • Memicu sembelit

Menahan kebutuhan untuk BAB dapat menyebabkan sistempencernaan mundur, sehingga menundanya bisa menyebabkan sembelit, seperti dijelaskan di laman WebMD.

Pada gilirannya, ini dapat mengurangi frekuensi BAB ke depannya. Juga, menahan BAB bisa menyebabkan air terserap dari tinja, sehingga buang air besar terasa menyakitkan dan tinja sulit dikeluarkan. Kondisi ini dikenal sebagai sembelit atau konstipasi.
  • Impaksi tinja

Sebagaimana dijelaskan dalam laman AGEN POKER ONLINE TERBAIK , menahan buang air besar terlalu lama dapat menyebabkan kondisi yang disebut impaksi tinja. Ini merupakan kondisi tinja yang mengering menjadi tersangkut dan tidak dapat keluar dengan sendirinya.

  • Memicu wasir

Efek samping potensial lainnya dari menunda buang air besar adalah wasir.menahan keluarnya tinja dapat menyebabkan sembelit, yang pada gilirannya dapat menyebabkan perkembangan wasir.

Wasir sendiri dikenal merupakan kondisi yang menyebabkan gatal, menyakitkan, dan tidak nyaman. Karenanya, kebiasaan menahan tinja perlu dihindari.

  • Perut menjadi tertekan

Kenyamanan usus secara keseluruhan akan terganggu selama kamu menunda kebutuhan untuk membuang air besar. Akhirnya, aktivitas menahan kotoran ini akan menyebabkan kram perut, tekanan, dan kembung.

  • Meninggal dunia

Laman AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA pernah melaporkan kasus seorang gadis remaja yang meninggal karena serangan jantung setelah menahan diri ke toilet selama 8 minggu. Gadis itu juga menderita ketakutan akan toilet dan kasus autisme ringan.

Meskipun ini adalah kasus yang tidak umum, tetapi seharusnya ini sudah cukup untuk menjelaskan bahwa menahan BAB bukanlah hal yang baik, bahkan bisa sangat berbahaya.

Pada dasarnya, menahan kotoran adalah hal yang sangat tidak disarankan. Namun, jika kamu berada dalam situasi yang tidak tepat untuk buang air besar, kamu dapat mengontrol otot yang relevan sampai waktu yang tepat untuk buang air besar.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *