AsliDomino – Tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dengan tidur yang cukup, produktivitas tetap terjaga, emosi lebih stabil, imun tubuh serta fungsi organ seperti otak dan jantung juga lebih terjaga.

Namun, banyak hal yang terkadang mengganggu kualitas tidur kita sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas. Belum lagi, banyak masalah kesehatan yang juga akan timbul apabila kita kurang tidur.

Salah satu cara mengatasi hal di atas adalah menggunakan minyak esensial atau biasa disebut essential oil.

Dikutip healthline.com, berikut ini penjelasan mengenai fakta-fakta medis minyak esensial yang bisa memperbaiki kualitas tidur. Simak, ya, agar kualitas tidurmu semakin meningkat!

1. Essential oil menurut riset penelitian

Jenis dan Fakta Medis Essential Oil, Efektif Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Minyak esensial memiliki manfaat yang beragam. Selain berguna untuk melemahkan virus tertentu dan memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga dapat menenangkan kecemasan, minyak esensial juga mampu memberikann sensasi ketenangan sehingga membuat kita bisa menjadi lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

Sebuah riset dilakukan terhadap ibu dengan 5 orang anak. Ia menggunakan produk doTerra Balance, satu produk dengan campuran 5 kandungan minyak alami, yang pemakaiannya dilakukan bersamaan dengan minyak esensial lavender. Hasilnya mampu meningkatkan sensasi relaksasi dan rasa kantuk sehingga dapat membantu tidur jadi lebih cepat.

2. Bagaimana memilih jenis minyak esensial sesuai dengan kebutuhan?

Jenis dan Fakta Medis Essential Oil, Efektif Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Minyak atsiri berasal dari berbagai bagian tumbuhan. Banyaknya jenis minyak ini acap kali membuat kita bingung untuk memilih mana yang tepat untuk digunakan.

Sebab, ada banyak jenis minyak esensial yang berbeda yang disesuaikan dengan fungsi dan manfaat yang berbeda pula. Selain itu, pada minyak tertentu, memungkinkan adanya efek yang berbeda pula dari orang ke orang. Melansir Healthline, berikut adalah rekomendasi minyak esensial yang bisa dipilih sesuai dengan fungsi dan manfaatnya masing-masing.

  1. Mountain Rose Herbs Valerian Essential Oil, minyak esensial terbaik untuk menghilangkan ketegangan
  2. Eden Botanicals Roman Chamomile Essential Oil
  3. Vitruvi Ylang Ylang Essential Oil, minyak esensial terbaik untuk menghilangkan stres
  4. Eden Botanicals High Elevation Lavender Essential Oil, minyak esensial terbaik untuk relaksasi
  5. Vitruvi Bergamot Essential Oil, Minyak esensial terbaik untuk meningkatkan mood
  6. Eden Botanicals Virginia Cedarwood Essential Oil, minyak esensial terbaik untuk kulit

3. Penggunaan essential oil yang tepat untuk membantu tidur lebih nyenyak

Jenis dan Fakta Medis Essential Oil, Efektif Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Kamu dapat merasakan efek aromatik dari minyak esensial ini dalam beberapa cara. Seperti, mengaplikasikannya ke telapak kaki, pergelangan tangan, atau telapak tangan di pagi dan malam hari untuk membantumu merasa lebih tenang dan rileks.

Sebelum mengoleskan minyak esensial secara topikal, pastikan untuk mengencerkan minyak esensial dengan minyak pembawa. Menerapkan minyak esensial murni ke kulit memungkinkan adanya efek iritasi. Minyak pembawa umum termasuk kelapa, jojoba, dan minyak zaitun extra virgin. Sebagai aturan umum, gunakan 1 sendok teh minyak pembawa untuk setiap 1 tetes minyak esensial.

4. Essential oil berisiko menimbulkan efek toksisitasi pada penggunaan yang keliru

Jenis dan Fakta Medis Essential Oil, Efektif Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Penting untuk memperhatikan penggunaan minyak esensial dengan hati-hati. Sebelum mengoleskan minyak ke area kulit yang luas, pastikan untuk melakukan tes uji pada area-area yang tertentu yang tidak sensitif. Beberapa orang mungkin cocok dengan essential oil tertentu, namun tidak cocok pada jenis lainnya.

5. Yang harus dilakukan sebelum menggunakan essential oil

Jenis dan Fakta Medis Essential Oil, Efektif Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Jika kamu ingin mulai menggunakan minyak esensial, ada baiknya terlebih dahulu kamu berkonsultasi dengan dokter pribadi. Sebab, pada beberapa minyak mungkin saja dapat mengganggu obat yang sedang kamu pakai. Beberapa kasus juga dapat menyebabkan reaksi alergi karena adanya kandungan bahan minyak esensial yang tidak cocok bagimu.

Jangan lupa untuk selalu mengencerkan minyak terlebih dahulu sebelum langsung digunakan ke area kulit. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya efek yang tidak diinginkan. Jika kamu mengalami reaksi yang tidak menyenangkan seperti yang disebutkan di atas, maka segera hentikan pemakaian. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk menentukan langkah yang tepat selanjutnya.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *