AsliDomino – Ketika mendengar kata kecanduan, yang ada di pikiran kebanyakan orang adalah ketergantungan pada obat-obatan atau alkohol. Tapi, obat-obatan ataupun alkohol yang sering disalahgunakan bukanlah satu-satunya hal yang membuat kecanduan.

Nyatanya, banyak hal biasa yang ternyata bisa menyebabkan kecanduan. Dan sama seperti kecanduan obat-obatan ataupun alkohol, kecanduan yang lain juga bisa menyebabkan berbagai masalah dan perlu ditangani. Dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, berikut beberapa jenis kecanduan yang perlu diketahui dan ditangani.

1. Kecanduan makanan

5 Jenis Kecanduan Zaman Modern yang Perlu Kamu Tahu, Harus Ditangani!

Kecanduan makanan adalah salah satu kecanduan yang cukup umum dan dapat memengaruhi kehidupan siapapun yang terkena. Orang yang kecanduan makanan sering kali makan secara berlebihan, utamanya jika sedang sendirian.

Tapi kemudian, mereka biasanya akan merasa bersalah. Meskipun begitu, para ahli beranggapan bahwa hal ini lebih mengarah pada depresi daripada kecanduan.

Gangguan makan yang umum adalah bulimia. Penderita bulimia akan makan berlebihan dan kemudian membersihkan diri atau berolahraga secara berlebihan untuk membakar kalori yang dikonsumsi.

2. Kecanduan gim

5 Jenis Kecanduan Zaman Modern yang Perlu Kamu Tahu, Harus Ditangani!

Banyak remaja saat ini menghabiskan lebih banyak waktu dengan hidup di dunia maya daripada dunia nyata. Gim online menjadi masalah ketika mulai mempengaruhi kehidupan mereka yang terlibat.

Kecanduan gim cenderung memengaruhi remaja dan dapat menyebabkan mereka menjadi penyendiri dan terisolasi secara sosial. Lebih buruk lagi, gim online juga dapat berdampak negatif pada gaya hidup karena mereka yang terlanjur kecanduan gim kronis lebih mungkin mengabaikan tanggung jawab lain.

Juga, banyak pecandu gim cenderung menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain online, kurang tidur, dan kurang melakukan aktivitas fisik; yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

3. Kecanduan belanja

5 Jenis Kecanduan Zaman Modern yang Perlu Kamu Tahu, Harus Ditangani!

Belanja bisa menjadi kebutuhan atau bahkan hiburan. Namun, ketika dilakukan di luar kendali, maka bisa dianggap sebagai gangguan kontrol impuls, bukan kecanduan sejati.

Apakah kamu berbelanja untuk mengatasi kesedihan, tetapi tak lama kemudian merasa bersalah? Apakah kamu memiliki lemari yang penuh dengan pakaian yang masih baru? Ini bisa jadi tanda bahwa kamu telah menjadi shopaholic.

Banyak studi menyatakan bahwa belanja kompulsif memengaruhi lebih banyak perempuan daripada laki-laki, dan hal itu dapat mengakibatkan masalah besar, baik secara finansial maupun pribadi.

Karenanya, kamu perlu mendapatkan bantuan untuk mengatasinya. Perawatan untuk kecanduan belanja biasanya melibatkan konseling dan terapi perilaku.

4. Kecanduan operasi plastik

5 Jenis Kecanduan Zaman Modern yang Perlu Kamu Tahu, Harus Ditangani!

Beberapa orang terobsesi untuk memperbaiki penampilan dengan jalan melakukan bedah plastik berulang kali. Orang dengan kecenderungan untuk operasi plastik mungkin secara obsesif pergi dari dokter ke dokter hingga menemukan ahli bedah plastik yang setuju untuk merawatnya.

5. Kecanduan internet

5 Jenis Kecanduan Zaman Modern yang Perlu Kamu Tahu, Harus Ditangani!

Psikolog dan psikiater pada umumnya tidak menganggap kecanduan internet sebagai kecanduan yang sebenarnya. Tapi, internet bisa menjadi masalah jika mengakibatkan hilangnya kendali serta dampak buruk di tempat kerja dan di rumah.

Apapun kecanduan yang dialami, pasien harus belajar bagaimana mengelola perilaku adiktif mereka. Jika kamu khawatir mengalami kecanduan terhadap suatu hal dan mengganggu hidupmu, banyak konselor dan terapis profesional yang menawarkan berbagai perawatan untuk membantu mereka yang kecanduan mengatasi masalahnya.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *