AsliDomino – Kondisi fisik memang jadi hal penting untuk diperhatikan, tapi kondisi mental juga tak kalah penting dari fisik kita. Karena fisik yang sehat bisa tercipta karena kondisi mental yang sehat. Oleh karena itu, sangat penting buat sejenak mengetahui kondisi kesehatan mental diri kita sendiri.

Lalu, apakah mental kita sedang baik-baik saja? Terkadang kita saja gak sadar bahwa mental kita sendiri sedikit berubah. Maka dari itu penting buat kamu tahu tanda perubahan kesehatan mentalmu. Berikut tanda-tanda yang perlu kamu ketahui, simak.

1. Kehilangan ketertarikan pada rutinitas yang disukai

5 Kode Mentalmu Sedang Butuh Penyegaran, Jangan Diabaikan

Pernah ada yang mengalami poin ini? Misalkan kamu hobi bersepeda santai setiap weekend, tapi tiba di suatu saat kamu merasa gak mood buat beranjak melakukan aktivitas tercinta satu ini. Ataupun biasanya suka nonton drama sepulang kerja, nyatanya ada satu momen kamu merasa gak tertarik.

Ketika tampak ada tanda diatas tadi, pikirkan tentang kondisi kesehatan mentalmu. Mungkin kamu sedang benar-benar butuh penyegaran pikiran agar kembali normal. Karena seberapa semangatnya kamu, tetap ada momen dimana kamu harus istirahat dari pikiran tegang dan mulailah mencari penyegaran diri.

2. Momen kamu menghindari interaksi dengan teman sekelilingmu

5 Kode Mentalmu Sedang Butuh Penyegaran, Jangan Diabaikan

Biasanya sepulang kerja atau sekolah, gak ada kata langsung pulang ke rumah. Tentu kumpul di suatu tempat untuk sekedar curhat atau makan bersama yang sering jadi rutinitas. Tapi pernahkah kamu merasa sulit melakukan poin ini? Terkadang merasa malas, bahkan gak niat buat bertemu dengan teman atau beraktivitas sosial layaknya biasanya.

Di situasi inilah kamu harus berhati-hati dengan kondisi mental. Jangan sampai terus berlanjut, ya. Gak masalah jika kamu libur dari aktiviras sosial satu atau dua kali, tapi kamu janji buat gak melakukannya berulang kali, ya. Karena poin ini sangat gak baik buat keadaan kesehatan mentalmu.

3. Gak ada motivasi buat melakukan aktivitas wajib

5 Kode Mentalmu Sedang Butuh Penyegaran, Jangan Diabaikan

Biasanya semangat 45′ buat pergi bekerja ataupun sekolah, tapi ada suatu saat kamu merasa enggan. Bahkan timbul tanpa sebab dan alasan. Ini jadi tanda besar mentalmu sedang tidak baik-baik saja. Kamu butuh refresing, biar kesehatan mentalmu kembali lagi.

Mungkin kamu sedang stres ataupun menanggung beban pikiran yang sangat besar. Saatnya kamu istirahat sejenak dan segarkan kembali dengan hal positif, seperti menikmati alam bebas. Kembalilah saat kamu sudah merasa ringan, tapi jangan terlena, ya.

4. Perubahan pola makan dan jam tidur

5 Kode Mentalmu Sedang Butuh Penyegaran, Jangan Diabaikan

Pernah merasa sulit buat tidur, atau gak mood buat makan? Mungkin ada beban berat yang sedang kamu tanggung. Itu sangat tidak baik, apalagi buat kesehatan fisikmu. Walaupun terlihat sepele, tapi itu perlu secepatnya kamu ubah, ya.

Pikirkan apa saja yang mengganggu pikiranmu, temukan solusi satu persatu. Mungkin kamu juga perlu lingkungan yang sedikit lebih tenang untuk membuatmu berkonsentrasi. Jangan sampai terlarut dengan keadaan ini terlalu lama, ya.

5. Gampang marah dan tersinggung

5 Kode Mentalmu Sedang Butuh Penyegaran, Jangan Diabaikan

Pernahkah suatu saat kamu merasa mudah tersinggung atau baper dengan sekitarmu? Padahal gak dalam posisi datang bulan ataupun alasan lain yang masuk akal. Itu perlu kamu tahu penyebabnya, nih. Karena poin ini jadi tanda mentalmu sedang kurang baik.

Mungkin ada masalah yang mengganjal, atau kamu sedang bosan berada di situasi yang kamu alami. Tentu kamu harus cari solusi biar gak terlarut begitu lama. Karena poin ini bakal berpengaruh buruk terhadap diri sendiri, bahkan orang lain juga, lho.

Itulah beberapa tanda kecil bahwa mental kamu sedang tidak baik-baik saja. Walaupun tak nampak nyata, tapi membawa perubahan besar. Apalagi berpengaruh terhadap mood dan kondisi tubuh kita.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *