AsliDomino – Pasti kita tidak asing dengan penyakit terkait metabolik yang satu ini. Ya, diabetes melitus. Diabetes ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara transportasi glukosa ke dalam sel dengan produksi insulin oleh pankreas.

Akibatnya, glukosa menumpuk di dalam darah karena tidak diserap sel tubuh dengan baik, sehingga dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Nah, apa saja pangan lokal sumber karbohidrat tersebut? Tanpa berlama-lama lagi, berikut ulasannya.

1. Umbi gembili

Dalam Buletin AGEN POKER ONLINE TERBAIK tahun 2019 dijelaskan bahwa umbi gembili umumnya mengandung lendir kental yang terdiri atas glikoprotein dan polisakarida larut air, yang merupakan bahan bioaktif.  Fungsinya sebagai serat pangan larut air dan bersifat hidrokoloid yang bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah dan kadar total kolesterol.

2. Umbi suweg

Ketika mengonsumsi makanan yang banyak serat larut, di dalam lambung serat tersebut akan membentuk “gel”. Gel ini membuat isi lambung terasa penuh dan mengirim sinyal ke otak bahwa lambung sudah terisi penuh atau kenyang. Dengan kemampuan ini, serat larut dapat menunda pengosongan makanan dari lambung, juga menghambat pencampuran makanan dengan enzim pencernaan, sehingga terjadi pengurangan penyerapan zat makanan.

3. Ubi jalar ungu

Karbohidrat yang terkandung pada ubi jalar ungu termasuk dalam indeks glikemik rendah, sehingga bila dikonsumsi tidak akan menaikkan glukosa darah secara drastis.

Sejumlah laporan terbaru menunjukkan bahwa konsumsi ubi jalar ungu yang kaya akan polifenol dapat membantu menurunkan kejadian diabetes tipe 2 yang berhubungan dengan resistansi insulin.

4. Ubi jalar putih

Dalam jurnal Gizi Indonesia tahun 2019 dijelaskan bahwa sumber pangan ini sangat baik dikonsumsi untuk diabetesi karena mengandung serat yang tinggi dan indeks glikemiknya yang rendah.

Kandungan acidic glikoprotein dan vitamin C, E, serta karotenoid yang berperan sebagai antioksidan pada ubi jalar putih juga dapat membantu menurunkan kadar glukosa.

5. Sorgum
Sorghum adalah tanaman jenis serealia atau biasa disebut cantel atau gandrung. Keberadaan sorghum belum banyak dimanfaatkan dengan baik, meskipun produksi sorghum di Indonesia tergolong tinggi dan potensial.

Dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA tahun 2019 juga disebutkan bahwa kandungan antioksidannya yang sangat tinggi berupa antosianin mencapai 4000 mg/g bk. Indeks glikemik sorghum juga termasuk dalam kategori rendah.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *