AsliDomino – Sebagai negara ketiga yang paling banyak mengonsumsi nasi, pernyataan di atas pasti sering mampir di pikiranmu. Rasanya meja makan tak lengkap jika tidak ada semangkuk nasi di atasnya. Akan tetapi, kini semakin banyak orang yang ingin mengurangi asupannya karena mengikuti tren diet keto atau diet rendah karbohidrat.

Ingin tahu makanan pengganti nasi terbaik untuk turunkan berat badan? Simak berikut ini!

1. Shirataki

Popularitasnya kian menanjak, nasi atau mi shirataki sering dijadikan alternatif sumber karbohidrat untuk orang-orang yang sedang diet. Satu porsinya (85 gram) hanya mengandung kurang dari 5 kalori. Bahkan, jika kamu mengonsumsi kurang dari itu, shirataki tidak mengandung kalori sama sekali.

2. Kembang kol

Substitusi nasi berikutnya bisa kamu dapatkan dari kembang kol. Kamu hanya perlu menghancurkannya hingga bertekstur seperti nasi. Walaupun tampak aneh, nasi kembang kol memiliki rasa yang ringan, sehingga tidak akan mengganggu makanan pendampingnya.AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

3. Brokoli

Berikutnya, kamu bisa mencoba nasi yang terbuat dari brokoli. Dalam satu porsinya, kamu akan mendapatkan 15 kalori, tidak jauh berbeda dengan nasi kembang kol. Sementara itu, kadar karbohidratnya mencapai 4 gram.

4. Kubis

Sayuran berikutnya yang bisa kamu coba adalah kubis yang telah dicincang. Rasa yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan kembang kol, tetapi teksturnya lebih empuk.

Menurut data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), nasi kubis mengandung 12 gram karbohidrat dan 22 kalori. Selain itu, dengan mengonsumsinya kamu juga akan mendapatkan vitamin C dan K.

5. Barley

Barley merupakan biji-bijian yang masih satu keluarga dengan gandum. Disebut juga sebagai jelai, ia sering dijadikan sebagai bahan baku roti, sereal, minuman, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, barley juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang lebih sehat, lho. Walaupun hitungan kalorinya kurang lebih sama dengan nasi putih, biji-bijian ini mengandung lebih banyak protein, serat, vitamin B, zinc, dan selenium.

6. Zukini

Alternatif berikutnya adalah zukini. Sayuran ini bisa dihancurkan seperti nasi atau diserut hingga tampak seperti pasta. Kalorinya pun sangat rendah. Dalam 100 gram zukini, tercatat hanya mengandung 17 kalori dan 4 gram karbohidrat.

7. Berbagai jenis jamur

Bukan hanya shirataki, berbagai jenis jamur juga baik untuk pengganti nasi putih. Kamu bisa menggunakan jamur tiram, kancing, enokimaitakeshiitake, dan lain sebagainya. Sesuaikan saja dengan preferensimu.

Rata-rata jamur hanya memiliki 16 kalori dan 2 gram karbohidrat per 100 gramnya. Khasiatnya untuk kesehatan juga banyak. Di antaranya baik untuk jantung, menurunkan risiko kanker dandiabetes, hingga kaya akan serat, protein dan antioksidan.AGEN POKER ONLINE TERBAIK

Selain jenis makanan yang disebutkan di atas, masih banyak lagi makanan pengganti nasi lain yang bisa kamu eksplor. Di antaranya quinoa, bulgur, couscous, gandum, dan lain sebagainya. Selamat mencoba, ya!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *