AsliDomino – Zat besi merupakan salah satu mineral dibutuhkan tubuh yang berfungsi membentuk hemoglobin atau sel darah merah. Jenisnya ada dua, yaitu zat besi heme dan zat besi non-heme. Zat besi non heme berasal dari produk nabati, sedangkan zat besi heme bersumber dari hewani.

Menurut Permenkes tentang Angka Kecukupan Gizi tahun 2019, kebutuhan zat untuk anak-anak adalah 7-11 mg/hari, untuk laki-laki dewasa 9-11 mg/hari, dan perempuan dewasa butuh 8-18 mg/hari.

Berikut ini adalah beberapa makanan sumber zat besi heme, yang bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi harianmu.

1. Hati

Makanan Sumber Zat Besi Heme, Lebih Banyak Diserap Tubuh!

Hati, ginjal, otak, dan jantung adalah jeroan yang tak cuma lezat, tetapi juga bernutrisi.hati ayam mengandung zat besi yang tinggi. Porsi 100 gram mengandung 15,8 mg zat besi. Apabila sehari makan 50 gram hati ayam, maka kamu sudah mampu memenuhi kebutuhan zat besi 50-100 persen. Ingat, konsumsi sewajarnya saja, ya!

Jeroan juga mengandung juga tinggi protein dan kaya akan vitamin B, tembaga, dan selenium, lo! Hati, khususnya, diketahui tinggi akan vitamin A. Selain itu, jeroan juga merupakan sumber kolin yang baik, yang mana merupakan nutrisi penting untuk kesehatan jantung dan otak.

2. Kerang

Makanan Sumber Zat Besi Heme, Lebih Banyak Diserap Tubuh!

Hampir mirip dengan hati ayam, kandungan zat besi pada kerang juga tinggi, yaitu 15,6 mg per 100 gram. Selain tinggi zat besi, kerang juga kaya vitamin B12, sehingga membantu memaksimalkan dalam proses pembentukan sel darah merah.

Sebagai bonus, menurut laporan dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK, semua jenis kerang bernutrisi tinggi dan telah terbukti dapat meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dalam darah, dengan catatan tidak dikonsumsi berlebihan.

3. Udang

Makanan Sumber Zat Besi Heme, Lebih Banyak Diserap Tubuh!

Dilansir tiap 100 gram udang mengandung 11,7 mg zat besi. Kandungan zat besinya memang lebih sedikit daripada hati atau kerang. Meskipun begitu, jumlahnya termasuk tinggi dan cukup memenuhi kebutuhan harian.

4. Telur ayam kampung

Makanan Sumber Zat Besi Heme, Lebih Banyak Diserap Tubuh!

Sama halnya dengan harga ayam kampung yang lebih mahal daripada telur ayam ras, ternyata telur ayam kampung juga mengandung zat besi lebih tinggi dibandingkan telur ayam ras.

5. Telur puyuh

Makanan Sumber Zat Besi Heme, Lebih Banyak Diserap Tubuh!

Zat besi dalam 100 gram telur puyuh adalah 3,50 mg. Satu butir telur puyuh beratnya sekitar 10 gram. Jadi, butuh kira-kira 10 butir untuk mendapatkan 3,50 mg zat besi.

Namun, perlu dicatat bahwa telur puyuh mengandung kolesterol yang tinggi, bahkan melebihi telur ayam. Menurut sebuah laporan dalam jurnal Buletin Anatomi dan Fisiologi, kolesterol telur puyuh adalah sekitar 844 mg/dL, lebih tinggi dibandingkan telur ayam yang hanya 423 mg/dL. Jadi tetap waspada ya, tingginya kadar kolesterol berpotensi menyebabkan penyumbatan arteri.

6. Kuning telur

Makanan Sumber Zat Besi Heme, Lebih Banyak Diserap Tubuh!

Jika makan kuning telurnya saja tentu zat besi yang didapat akan lebih banyak, karena dalam 100 gram kuning telur ayam ras mengandung 7,2 mg zat besi. Berat satu butir kuning telur adalah sekitar 20 gram, yang mana ini akan amat membantu memenuhi kebutuhan zat besi harianmu.

Perlu diingat juga bahwa kuning juga tinggi kolesterol, jadi konsumsilah dalam jumlah wajar dan menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang.

7. Ikan teri

Makanan Sumber Zat Besi Heme, Lebih Banyak Diserap Tubuh!

Dalam 100 gram ikan teri segar mengandung 3,90 mg zat besi. Selain zat besi, ikan teri juga mengandung tinggi protein, sehingga bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah.

Jenis ikan lainnya yang juga bisa menjadi sumber zat besi termasuk tuna, haddock, makerel, dan sarden. Tinggal variasikan saja!

8. Daging sapi

Makanan Sumber Zat Besi Heme, Lebih Banyak Diserap Tubuh!

Daging merah seperti daging sapi juga tinggi akan zat besi. Sebanyak 100 gram daging sapi mengandung 2,9 mg zat besi. Bagaimana jika sudah diolah? Dilansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, rendang daging sapi mengandung 14,9 mg zat besi.

Selain daging sapi, bagian hati sapi juga tinggi zat besi. Bahkan, olahan sosis hati sapi mengandung 4 mg zat besi, tetapi kadar natriumnya juga tinggi, yaitu sekitar 654 mg, sementara batas natrium pada orang sehat adalah 2.300 mg dan pada penderita hipertensi ringan dibatasi antara 800 hingga 1200 mg.

9. Susu kambing

Makanan Sumber Zat Besi Heme, Lebih Banyak Diserap Tubuh!

Susu kambing tidak dikonsumsi sebanyak susu sapi. Namun, susu kambing memiliki kandungan zat besi yang lebih besar daripada susu sapi. Pada susu sapi segar hanya terdapat 1,7 mg zat besi, sedangkan pada susu kambing mengandung 2,7 mg zat besi.

Nah, itulah berbagai makanan sumber zat besi heme yang bisa kamu masukkan ke dalam pola makanmu sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang dan memvariasikan berbagai makanan agar kebutuhan nutrisi harianmu selalu terpenuhi.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *