AsliDomino – Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna di muka bumi. Manusia sejatinya dianugerahi otak berisi akal untuk selalu berpikir. Namun, kebanyakan orang menggunakan pikiran tersebut untuk berpikir negatif.

Faktanya, berpikir positif akan menjadikan kamu lebih optimis dalam menjalani kehidupan. Selain itu, ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukannya. Apa saja sih manfaat lainnya itu? Ayo, simak ulasan berikut ini!

1. Membangun jiwa dan mental individu yang sehat

Kepuasan hidup merupakan salah satu aspek kesehatan mental dan jiwa yang bisa memengaruhi kemampuan berpikir positif. Aspek tersebut tentunya dirasakan oleh setiap individu, terutama orang dengan kondisi mental yang sehat.

2. Meningkatkan optimisme dan membawa kebahagiaan

Studi berjudul “Mental Health Rehabilitation Based on Positive Thinking Skills Training” dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK  tahun 2017 melibatkan 103 siswa dengan rentang usia 19-24 tahun.

Setelah penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner pada partisipan yang dilakukan pre dan post test, peneliti menyatakan bahwa penerapan berpikir positif pada siswa sangat efektif dalam meningkatkan rasa optimisme dan terlebih dapat membawa kebahagiaan.

3. Menurunkan stres psikologis

Pemicu stres bisa berasal dari banyak hal, salah satunya karena tuntutan hidup atau adanya rasa kekhawatiran yang mengakibatkan timbulnya pikiran-pikiran negatif terhadap diri sendiri. Akibat dari pikiran negatif itu akan timbul kecemasan, depresi, dan stres.

4. Memberikan ketenangan

Masih bersumber dari jurnal Proyeksi tahun 2012, persepsi positif terhadap diri sendiri (self-esteem) akan berefek positif pada kepuasan hidup seseorang jika tekanan akan rasa bersalah terhadap suatu hal bisa hilang. Dengan kata lain, jika kita memandang hidup secara positif, maka kita pasti akan merasa cukup dalam menjalani kehidupan.

5. Mengurangi depresi

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA
, depresi merupakan gangguan suasana hati yang membuat seseorang kurang tertarik terhadap kehidupan, sehingga menyebabkan adanya perasaan sedih atau tertekan yang berlangsung secara terus-menerus.

Kesedihan tersebut termasuk adanya perasaan tidak berharga, tidak berdaya, dan putus asa yang terjadi selama berminggu-minggu atau bahkan seseorang merasa tidak bisa menjalani kehidupannya kembali.

Nah, itulah beberapa manfaat berpikir positif yang tidak hanya mampu mengurangi depresi, tetapi juga mampu memberikan ketenangan dan mendukung kesehatan mental. Gimana, kamu tertarik untuk melakukannya? Bila lakukan rutin, pasti hidupmu akan jauh lebih bahagia, lho!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *