AsliDomino -Punya cita rasa yang kuat, oregano (Origanum vulgare) memang sering dijadikan bumbu masak di seluruh dunia. Sering ditemukan dalam bentuk segar, kering, atau minyak, ternyata oregano mempunyai khasiat kesehatan yang tak bisa diremehkan, lho.

Banyaknya kandungan nutrisi itulah yang membuat oregano dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alami di Mediterania.

Jangan ragu untuk menambahkannya ke dalam masakanmu, berikut ini beberapa manfaat oregano bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah bakteri jahat

Minyak oregano memiliki komponen utama berupa timol dan carvacrol yang memiliki sifat antimikroba dan antibakteri untuk mengusir bakteri.

Berdasarkan studi laboratorium yang diterbitkan dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERBAIK tahun 2019, carvacrol dan timol dapat mencegah bakteri seperti Staphyloccus aureus (S. aureus) yang ada pada produk daging dan susu.
2. Memiliki sifat antikanker

Tim peneliti juga menemukan bukti bahwa kandungan carvacrol dan timol mungkin dapat mencegah pertumbuhan sel melanoma dan penyebaran kanker kulit.

Meski demikian, konsumsi oregano saja tidak cukup untuk mencegah kanker. Pola makan nabati yang bervariasi dan kaya akan antioksidan dapat membantu mencegah perubahan sel yang dapat menyebabkan kanker.

3. Menjaga kesehatan pasien diabetes tipe 2

Selama tiga minggu, tikus percobaan diberi ekstrak air OME dengan dosis 20 mg/kg dengan cara diminum. Hasilnya, OME mampu memperbaiki dislipidemia yang berhubungan dengan diabetes tipe 2.

Karena ini, pantaslah ekstrak origanum ini dijadikan obat herbal yang bermanfat untuk pengobatan diabetes tipe 2. Di samping itu, origanum juga terbukti bisa meningkatkan resistansi insulin.

4. Bisa mengurangi peradangan

Peradangan bisa terjadi karena sistem imun yang merespons cedera atau penyakit. Walaupun terkesan simpel, nyatanya peradangan kronis bisa menyebabkan penyakit berat seperti diabetes, penyakit jantung, dan kondisi autoimun yang tidak bisa disepelekan.

5. Mencegah depresi

Merujuk penelitian yang terbit pada jurnal ilmiah Research in Pharmaceutical Sciences tahun 2018, ditunjukkan bahwa oregano mengandung senyawa antidepresan yang dapat menenangkan saraf akibat stres kronis.

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti menggunakan tikus percobaan yang memiliki stres kronis. Selama 14 hari, tikus-tikus tersebut menerima pengobatan dengan oregano dan hasilnya memperlihatkan dampak positif.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *