AsliDomino – Berbicara mengenai rumput teki, mungkin sebagian orang tidak mengetahui rumput ini. Rumput teki sangat mudah dijumpai di pekarangan atau pun tanah lapang yang ditumbuhi rerumputan. Seringnya dikira gulma maka kebanyakan orang sering mencabutnya dan membersihkan pekarangan mereka dari rumput ini. Namun ternyata ada manfaat yang sangat banyak dari jenis rumput teki yang banyak orang tidak tahu

Berikut adalah tujuh manfaat rumput teki untuk kesehatan yang akan didapatkan. Yuk, intip apa saja manfaatnya!

1. Mempercepat penyembuhan luka

7 Manfaat Penting Rumput Teki, Lancarkan Haid Hingga Kontrol Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh AGEN POKER ONLINE TERBAIK menyebutkan bahwa rumput yang memiliki nama latin (Cyperus rotundus) ini diketahui memiliki kandungan etanol dari ekstraknya. Dimana kandungan etanol ini sangat membantu untuk mempercepat aktivitas penyembuhan luka. Selain itu juga memiliki kandungan flavonol glikosida dan β-sitosterol pada umbinya. Kandungan tersebut mampu mengurangi pembengkakan jaringan dan juga peradangan.

2. Membantu mencegah infeksi saluran kemih

7 Manfaat Penting Rumput Teki, Lancarkan Haid Hingga Kontrol Diabetes

Rumput teki atau yang juga dikenal dengan sebutan nut grass dapat mengecek keberadaan patogen yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Bahkan sejak lama pengobatan tradisional telah menggunakan rumput ini sebagai alat deteksi dini dari penyakit ini. Para peneliti kemudian menemukan bahwa ekstrak rumput teki mampu menunjukkan aktivitas antibakteri dari patogen tersebut. Serbuk rimpang rumput teki ini juga mampu membantu untuk mengeluarkan urin lebih banyak.

3. Memperlambat penuaan dini dan melawan demensia

7 Manfaat Penting Rumput Teki, Lancarkan Haid Hingga Kontrol Diabetes

Ada banyak manfaat yang akan didapat dari kandungan anti-oksidan yang dihasilkan oleh rumput teki. Besarnya kandungan anti-oksidan menjadikannya sebagai obat yang potensial terhadap penyakit seperti kanker, hipertensi serta Alzheimer maupun Parkinson. Selain itu sudah tentu akan mampu mengatasi masalah penuaan dini dan neurodegenerasi terkait.

4. Membantu meringankan masalah saat menstruasi

7 Manfaat Penting Rumput Teki, Lancarkan Haid Hingga Kontrol Diabetes

Sebagian besar wanita mungkin mengalami masalah saat datang bulan atau menstruasi. Menstruasi juga seringnya mengacaukan mood, membuat kram perut dan merasakan lemas seharian. Sebuah penelitian menemukan bahwa rumput teki dapat dijadikan obat herbal untuk mengatasi gangguan menstruasi.

Menggabungkan rumput teki dengan herbal lainnya diketahui mampu melancarkan aliran menstruasi pada wanita. Selain itu juga mampu membantu dalam mengobati anemia serta rasa lemas saat menstruasi.

5. Bermanfaat untuk rambut dan kulit

7 Manfaat Penting Rumput Teki, Lancarkan Haid Hingga Kontrol Diabetes

Rumput teki yang telah diolah menjadi gel ataupun krim mampu membantu penyembuhan masalah kulit seperti eksim dan kudis. Secara bersamaan juga mampu mengurangi rasa gatal. Penelitian juga menyebutkan kegunaannya yang mampu menghilangkan rambut pada ketiak. Selain itu diketahui penggunaan minyak rumput teki dua kali sehari dalam enam bulan mampu mengurangi pertumbuhan rambut secara signifikan.

6. Mengurangi potensi penyakit maag

7 Manfaat Penting Rumput Teki, Lancarkan Haid Hingga Kontrol Diabetes

Penelitian yang dilakukan oleh Muhammad et al (2012) mempelajari efek dari ekstrak rumput teki dalam mengurangi penyakit maag. Percobaan dilakukan menggunakan hewan tikus albino dan tikus biasa. Hasilnya adalah ekstrak rumput teki yang rutin diberikan secara oral mampu menurunkan indeks ulkus yang signifikan yang berkaitan dengan penyakit maag. Penurunan ini juga erat kaitannya dengan aktivitas anti-oksidan yang tinggi

Itulah beberapa manfaat rumput teki yang akan didapatkan untuk kesehatan. Mulai sekarang perhatikan pekaranganmu, siapa tahu ada tanaman dengan sejuta manfaat ini.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *