AsliDomino – Siapa yang tak kenal dengan bumbu masak yang satu ini? Daun salam merupakan bumbu masak dan penambah aroma yang sering digunakan dalam menu tumisan, rebus, sup, atau kukus. Lebih dari itu, ternyata daun salam (bay leaves) membawa banyak manfaat bagi kesehatan juga!

Daun salam (Syzygium polyanthum) diketahui mengandung minyak atsiri, tanin, flavonoid, alkaloid, serta methachaficol. Karena berbagai kandungan tersebut, daun ini sudah lama dimanfaatkan untuk pengobatan alami.

Ingin tahu apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh kita? Yuk, simak!

1. Penurun demam

Salah satu khasiat yang ditawarkan dari daun salam adalah kemampuannya dalam meredakan peradangan. Agen antiinflamasi ini berasal dari flavonoid.

Penelitian dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA membuktikan bahwa ekstrak etanol daun salam pada berbagai variasi dosis mampu menghambat dan menekan peradangan pada sebuah uji coba hewan.

2. Berpotensi menurunkan kadar asam urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sering kali, penyakit ini mengakibatkan sakit dan pembengkakan di daerah jari-jari kaki, lutut, tumit, jari dan pergelangan tangan. Nah, daun salam ternyata berpotensi dalam mengatasi masalah ini.

3. Sebagai antibakteri

Adanya senyawa antibakteri seperti minyak atsiri, tanin, dan flavonoid yang terdapat dalam daun salam membuat daun ini tidak usah ditanyakan lagi untuk aktivitas antibakterinya.

Menurut sebuah laporan dalam Jurnal Teknologi Laboratorium tahun 2014, infusa atau rebusan air daun salam mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa daun salam berpotensi untuk dijadikan alternatif antiseptik alami dalam pengobatan.

4. Sebagai antijamur

Tak cuma punya keampuhan antibakteri, daun salam juga punya efek antijamur, dan ini pun tertuang dalam penelitian.

Berdasarkan penelitian dalam Jurnal Pembelajaran Biologi tahun 2014, daun salam terbukti mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans. Kandungan antijamurnya datang dari minyak atsiri, flavonoid dan tanin.

5. Mencegah pembentukan plak gigi

Plak gigi adalah lapisan lunak yang melekat erat pada permukaan gigi yang tidak dibersihkan. Plak gigi ini merupakan kumpulan dari dari bakteri sisa-sisa makanan yang tertinggal. Jika dibiarkan, plak gigi lama-lama akan mengakibatkan gigi kita berlubang. Daun salam juga pernah diteliti kemampuannya dalam mengatasi masalah ini.

Wah, potensi daun salam bagi kesehatan boleh juga, nih! Kombinasikan juga dengan makanan sehat lainnya, ya, agar asupan nutrisi harianmu senantiasa tercukupi. Bila ingin memanfaatkan daun salam sebagai bagian dari pengobatan penyakit, paling amannya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.AGEN POKER ONLINE

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *