AsliDomino – Jamur chaga atau Inonotus obliquus biasanya tumbuh liar di tempat-tempat seperti Siberia, Kanada Utara, Alaska, dan beberapa wilayah utara Benua Amerika. Jamur ini terutama tumbuh di luar pohon, terutama di area beriklim dingin. Beberapa juga bisa tumbuh di pepohonan.

Bila dilihat dari penampilan luarnya, jamur chaga memang tampak kurang menarik. Namun, faktanya jamur ini telah digunakan sebagai obat tradisional di negara-negara Eropa Utara serta Rusia selama ratusan tahun.

Lantas, apa saja manfaat jamur chaga bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Menurunkan tekanan darah

5 Manfaat Sehat Jamur Chaga, Berpotensi sebagai Antivirus HIV

Dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa stres oksidatif merupakan faktor penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Orang dengan tekanan darah tinggi lebih rentan terhadap serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan kardiovaskular lainnya. Antioksidan yang terkandung dalam jamur chaga dapat memiliki peran potensial dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah masalah kardiovaskular.

2. Membantu meredakan inflamasi

5 Manfaat Sehat Jamur Chaga, Berpotensi sebagai Antivirus HIV

Saat tubuh melawan penyakit, tubuh bereaksi dengan inflamasi atau peradangan. Namun, kadang inflamasi ini bisa menjadi masalah kronis. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa kondisi yang tidak dianggap sebagai inflamasi, termasuk depresi, berpotensi sebagian disebabkan oleh inflamasi kronis.

Nah, jamur chaga punya peran dalam mengatur produksi sitokin, yang mana ini dapat membantu mengendalikan peradangan. Selain itu, jamur chaga juga bisa aktif dalam memerangi kondisi autoimun dan mungkin beberapa penyakit lainnya.

3. Melindungi kesehatan hati

5 Manfaat Sehat Jamur Chaga, Berpotensi sebagai Antivirus HIV

Jamur chaga juga dikatakan dapat mencegah atau mengurangi penyakit hati tertentu. satu studi menemukan bahwa ekstrak jamur chaga mampu melindungi jaringan hati dari efek tetra-butil hidroperoksida, bahan kimia yang diketahui menyebabkan kerusakan hati.

Antioksidan dalam jamur chaga juga dapat mengurangi stres oksidatif, yang mana ini dapat memicu penyakit hati kronis seperti penyakit hati berlemak (non-alkohol).

4. Meningkatkan ketahanan fisik

5 Manfaat Sehat Jamur Chaga, Berpotensi sebagai Antivirus HIV

Dalam penelitian pada hewan, jamur ini secara signifikan meningkatkan daya tahan fisik. Satu studi yang diterbitkan dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA memberikan jamur ini pada kelinci percobaan.

Hasilnya, ketika kelinci diberikan ekstrak polisakarida dari jamur chaga, kelinci tersebut mampu berenang lebih lama, kandungan glikogen (bahan bakar) otot dan hati meningkat, sementara kadar asam laktat dalam aliran darah menurun.

5. Berpotensi sebagai agen antivirus HIV

5 Manfaat Sehat Jamur Chaga, Berpotensi sebagai Antivirus HIV

Jamur ini tampaknya memiliki kemampuan antivirus untuk beberapa jenis virus. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Vopr Virusol tahun 2015 menunjukkan bahwa ekstrak dari jamur chaga memiliki efek antivirus terhadap human immunodeficiency virus (HIV) tipe 1 pada manusia.

Bahkan, ekstrak jamur chaga berpotensi untuk dikembangkan sebagai obat antivirus sebagai penghambat replikasi HIV bila digunakan baik dalam bentuk obat individu maupun sebagai bagian dari terapi kompleks.

Itulah beberapa manfaat dari jamur chaga bagi kesehatan. Sebagai tambahan, jamur ini juga bisa dibuat menjadi kopi dan teh, lo. Tertarik untuk mencobanya?

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *