AsliDomino – Kamu pasti tidak asing lagi dengan selada. Sayuran ini sering ditemukan sehari-hari, misalnya dijadikan lalapan, isian burger atau roti lapis, campuran salad, dan lain-lain.

Memiliki nama ilmiah Lactuva sativa, selada merupakan tanaman yang pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Mesir Kuno dan digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit.

Sayuran hijau ini sangat kaya akan berbagai nutrisi penting dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah berbagai manfaat selada bagi kesehatan tubuh kita.

1. Dapat mengendalikan peradangan

8 Manfaat Selada bagi Kesehatan, Bisa Menyehatkan Otak!

Selada dapat memiliki sifat antiinflamasi karena mengandung protein seperti lipoksigenase dan karagenan yang dapat membantu mengendalikan peradangan atau inflamasi.

2. Membantu menurunkan berat badan dan menjaga hidrasi tubuh

8 Manfaat Selada bagi Kesehatan, Bisa Menyehatkan Otak!

Kalori merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam menjaga berat badan tetap sehat. Kalori yang masuk harus seimbang dengan kalori yang dibakar.

Dalam 100 gram selada, hanya terkandung sekitar 5 kalori. Karenanya, sayuran ini bisa membantu kamu yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, selada juga dapat menjaga tubuh terhidrasi. Ini berkat kandungan selada yang terdiri dari 95 persen air.

3. Menyehatkan otak

8 Manfaat Selada bagi Kesehatan, Bisa Menyehatkan Otak!

Pada kasus ekstrem, kerusakan otak bisa menyebabkan matinya sel saraf, sehingga dapat mengembangkan penyakit seperti Alzheimer.

Selada juga kaya akan kandungan nitrat yang dapat meningkatkan fungsi endotel. Karenanya, selada dapat memperlambat berbagai penurunan kognitif dan gangguan neurologis yang berhubungan dengan penuaan.

4. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengatur kolesterol, dan menyehatkan pencernaan

8 Manfaat Selada bagi Kesehatan, Bisa Menyehatkan Otak!

Selada merupakan sumber folat yang baik. Folat sendiri merupakan vitamin B yang dapat mengubah homosistein menjadi metionin. Homosistein yang tidak diubah menjadi metionin dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan tertimbunnya plak.

Selain meningkatkan kesehatan jantung, kardiovaskular, dan mengatur kadar kolesterol, selada juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan kembung.

5. Meningkatkan kesehatan penglihatan

8 Manfaat Selada bagi Kesehatan, Bisa Menyehatkan Otak!

Dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, sebagai sumber vitamin A yang sangat baik, selada dapat meningkatkan kesehatan penglihatan dan organ mata. Ini karena vitamin A dapat membantu menurunkan risiko kita terkena katarak dan mencegah degenerasi makula yang disebabkan oleh penuaan.

Kandungan antioksidan zeaksantin dan lutein dalam selada dapat membantu meningkatkan kesehatan penglihatan kita.

6. Meningkatkan kualitas tidur

8 Manfaat Selada bagi Kesehatan, Bisa Menyehatkan Otak!

Kandungan laktukarium dalam selada dapat menenangkan sistem saraf, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Selada baik untuk dikonsumsi saat sulit tidur di malam hari untuk membantu seseorang tidur. Zat laktusin dalam selada juga dapat menginduksi tidur dan memberi efek relaksasi. Karenanya, selada dapat digunakan untuk meredakan insomnia.

7. Meningkatkan kesehatan tulang dan otot

8 Manfaat Selada bagi Kesehatan, Bisa Menyehatkan Otak!

Dalam memproduksi kolagen untuk pembentukan tulang, diperlukan vitamin K, A, dan C. Ketiganya ada dalam selada dalam jumlah banyak.

Vitamin K dapat membantu pembangunan tulang rawan dan jaringan ikat, sementara kekurangan kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan osteopenia atau kondisi berkurangnya massa tulang dan peningkatan risiko patah tulang.

Kemudian, vitamin A bermanfaat untuk mengembangkan sel-sel tulang yang baru, sedangkan kekurangan vitamin A dapat menyebabkan osteoporosis dan meningkatan risiko patah tulang.

Vitamin C juga sangat bermanfaat dalam melawan atau memperlambat penipisan tulang yang terjadi akibat penuaan.

8. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

8 Manfaat Selada bagi Kesehatan, Bisa Menyehatkan Otak!

Vitamin A dapat meningkatkan pergantian sel kulit, sementara vitamin C dapat melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV).

Kandungan dalam selada ini dapat menunda atau memperlambat tanda-tanda penuaan, serta serat dalam sayur ini dapat membantu detoksifikasi dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Itulah beberapa manfaat selada bagi kesehatan tubuh. Selada yang biasa jadi pelengkap berbagai makanan dan lalapan ini ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai sekarang, bila dalam makananmu terdapat selada, jangan disisihkan, ya. Yuk, perbanyak konsumsinya!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *