AsliDomino – Sepak bola merupakan salah satu olahraga populer, mungkin paling populer di dunia. Dilansir NHS Inform, sepak bola telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang dari 200 negara. Popularitasnya luar biasa, termasuk di Indonesia.

Karena merupakan bentuk dari olahraga, tentu saja sepak bola memberikan manfaat kesehatan dan membantu pemainnya tetap bugar. Olahraga yang satu ini juga baik untuk berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, laki-laki maupun perempuan. Ketahui lebih banyak manfaat sepak bola bagi kesehatan lewat ulasan di bawah ini.

1. Mengurangi beberapa risiko penyakit

9 Manfaat Sepak Bola, Menontonnya Saja Bikin Sehat!

Sepak bola merupakan aktivitas aerobik yang menawarkan beragam manfaat, seperti mengurangi risiko penyakit kronis tertentu meliputi penyakit jantung, strok, dan diabetes tipe 2, mengutip NHS Inform.

Normalnya, olahraga ini memiliki durasi 90 menit untuk dimainkan, sehingga seseorang yang bermain sepak bola dapat memiliki kapasitas aerobik yang luar biasa untuk dapat beralih dari jalan ke lari, kemudian jalan lagi, yang dilakukan secara berulang-ulang.

Sepak bola dikategorikan sebagai olahraga multiguna yang menggabungkan latihan daya tahan, kekuatan, sekaligus latihan interval intensitas tinggi.

2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

9 Manfaat Sepak Bola, Menontonnya Saja Bikin Sehat!

Keuntungan bermain sepak bola lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Ini karena gerakan konstan saat bermain dapat memperkuat jantung, melawan penumpukan plak di arteri koroner, mengurangi tekanan darah, serta membakar kalori berlebih.

Dalam 90 menit pertandingan, seorang pemain dapat berlari sekitar 8 hingga 11 kilometer. Kombinasi jalan, joging, dan sprint dalam permainan sepak bola secara konstan bisa menjaga detak jantung tetap tinggi, sehingga bisa melatih kardiovaskular dan meningkatkan kesehatannya.

3. Mengurangi lemak tubuh serta meningkatkan kekuatan otot dan tulang

9 Manfaat Sepak Bola, Menontonnya Saja Bikin Sehat!

Sebagai olahraga dengan banyak gerakan, sepak bola sangat baik untuk membakar lemak dan juga melatih otot. Dengan bermain sepak bola, lebih banyak massa otot dapat dibangun dan lebih banyak lemak dapat dibakar sebab ketika bermain sepak bola, pemain akan menggunakan jalur energi aerobik dan juga anaerobik secara bersamaan, sehingga dapat lebih banyak membakar kalori dibandingkan latihan biasa.

4. Mengurangi stres, kecemasan, dan depresi

9 Manfaat Sepak Bola, Menontonnya Saja Bikin Sehat!

Sepak bola bisa mendukung kesehatan mental dan emosional. Saat bermain, atau olahraga apa pun pada umumnya, tubuh akan mengeluarkan endorfin yang akan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan konsentrasi, fokus, dan kekuatan mental

9 Manfaat Sepak Bola, Menontonnya Saja Bikin Sehat!

Bermain sepak bola juga dapat meningkatkan konsentrasi, fokus, dan kekuatan mental secara keseluruhan. Ini karena saat bermain kita butuh konsentrasi atau fokus yang tinggi untuk memperhatikan bola dan situasi. Tidak fokus di tengah pertandingan bisa menyebabkan pemain melakukan kesalahan yang merugikan tim, hingga kebobolan.

6. Melatih koordinasi dan meningkatkan fungsi kognitif otak

9 Manfaat Sepak Bola, Menontonnya Saja Bikin Sehat!

Perubahan gerakan yang cepat seperti berjalan, berlari, kemudian berjalan lagi dalam sepak bola dapat melatih koordinasi tubuh. Koordinasi tubuh yang baik sangat diperlukan saat menggiring bola, berputar, dan melakukan operan yang dilakukan pada berbagai tingkat kecepatan dan arah yang berbeda. Tentu saja, menendang serta menerima umpan bola juga membutuhkan koordinasi yang baik..

Sebagai olahraga yang sangat populer, pemain sepak bola bisa lebih tekun dalam bermain sepak bola karena tidak hanya berorientasi pada tujuan kesehatan pribadi. Lebih dari itu, sepak bola merupakan bentuk kerja sama dan menjadi hobi yang dicintai.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *