BerkahPoker – Teh pu-erh, yang dikenal juga dengan nama teh puer atau pu’erh, termasuk teh fermentasi yang berasal dari provinsi Yunan, Tiongkok, dan sudah diminum selama ratusan tahun lamanya. Bukan cuma punya efek menenangkan saat diminum, teh ini juga dikenal membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Proses pengolahan yang panjang hingga tahunan lamanya membuat teh pu-erh ini memiliki warna dan cita rasa yang unik. Tak hanya itu, teh ini pun mempunyai manfaat kesehatan yang bisa dirasakan jika meminumnya secara rutin.

1. Bisa menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Clinical Interventions in Aging tahun 2016, ekstrak teh pu-erh dalam dosis tinggi bisa menurunkan berat badan, mengurangi lemak perut, serta menurunkan indeks massa tubuh.

Khasiat tersebut didapat karena kandungan asam galat pada teh pu-erh diketahui bisa membakar lemak lebih cepat.

2. Menjaga kesehatan usus

Teh fermentasi seperti pu-erh memiliki kandungan polisakarida yang baik untuk kesehatan usus.

Berdasarkan sebuah laporan dalam jurnal International Journal of Biological Macromolecules tahun 2013, kandungan polisakarida dalam teh pu-erh mengandung gula alami yang dapat meningkatkan jumlah mikroba. Hal tersebut tentu saja dapat membantu melindungi usus.

3. Menstabilkan gula darah

Merujuk pada sebuah laporan dari Journal of Food Science and Technology tahun 2018, teh pu-erh yang diseduh tanpa gula dapat secara signifikan menurunkan kadar gula darah tinggi jika diminum secara teratur. Pastinya ini membawa kebaikan bagi orang-orang dengan diabetes.

4. Mengurangi kolesterol tinggi

Masih ada lagi, nih, manfaat teh pu-erh. Dari penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nature Communications tahun 2019, teh pu-erh bisa mendukung tubuh dalam mengurangi kadar kolesterol tinggi dengan dua cara.

5. Melindungi pembuluh darah

Kandungan antiinflamasi yang tinggi dalam teh pu-erh membuat pembuluh darah terjaga dengan baik.

Menurut sebuah laporan dalam Journal of Oxidative Medicine and Cellular Longevity tahun 2018, teh pu-erh bisa menjaga arteri lebih sehat dan mengurangi risiko aterosklerosis yang menjadi penyebab penyakit jantung.

6. Menghambat pertumbuhan kanker payudara

Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal Frontiers in Pharmacology tahun 2017, ditemukan bahwa teh pu-erh bisa membunuh sel kanker payudara.

Sementara itu, dalam beberapa studi lainnya, teh ini juga bisa membunuh sel kanker mulut dan kanker usus besar.

Itulah enam manfaat teh pu-erh rasanya sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja, apalagi bila kamu memang penikmat teh sejati. Dibanding teh hitam atau teh hijau, teh pu-erh memang lebih sulit ditemukan. Namun, beberapa swalayan besar sudah menjualnya dan bisa juga dengan mudah dibeli secara online.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *