AsliDomino – Secara alamiah, manusia membutuhkan tidur. Tidur berfungsi untuk mengistirahatkan badan dan kesadaran setelah melalui satu hari yang panjang. Ketika tidur, manusia akan kehilangan kesadaran atau reaksi terhadap lingkungan sekitar menjadi lemah. Namun, bila dibangunkan maka akan tersadar kembali.

Kita butuh tidur untuk menjaga kesehatan tubuh, baik fisik maupun mental. Bila tidur kita cukup dan berkualitas, maka fungsi tidur pun menjadi maksimal. Nah, sebenarnya apa saja manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan fisik dan mental? Yuk, disimak!

1. Menurunkan risiko obesitas

6 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Tubuh yang kekurangan tidur akan mengirim sinyal untuk mendapatkan energi tambahan dari makanan. Namun, kadar asupan gizi yang dibutuhkan tidak sebagaimana mestinya. Meskipun hormon yang mengatur rasa kenyang dan lapar telah memberikan sinyal bahwa tubuh kelebihan asupan gizi, energi yang dibutuhkan tetap tinggi. Dengan berlebihannya asupan gizi, terutama karbohidrat, maka dapat meningkatkan berat badan.

Jadi, tidur yang cukup membantu mempertahankan berat badan dan terhindar dari obesitas, karena tidur memiliki peran yang penting dalam metabolisme energi.

2. Mencegah depresi

6 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Tidur yang cukup diyakini dapat mencegah depresi. bahwa sekitar tiga perempat pasien depresi memiliki gejala insomnia.

Insomnia merujuk pada gangguan dengan kebiasaan kurang tidur. Gejala depresi ini dapat dikurangi dengan cara mengobati gangguan tidur yang diderita dan memperbaiki durasi serta kualitas tidur.

3. Meningkatkan produktivitas

6 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Tidur yang cukup berkaitan dengan meningkatnya produktivitas seseorang di keesokan harinya. Studi yang dimuat dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK menyebutkan bahwa orang dengan insomnia dan sindrom kekurangan tidur memiliki produktivitas dan performa yang lebih buruk dibandingkan orang dengan tidur cukup.

Selain itu, penting untuk memiliki rutinitas tidur yang baik. Anak-anak yang punya rutinitas tidur yang buruk, meski satu malam saja, diasosiasikan dengan aktivitas kognitif yang lebih rendah di sekolah esok harinya.

4. Memiliki kecerdasan emosional dan sosial yang lebih baik

6 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Tidur yang cukup juga dikaitkan dengan kecerdasan emosional dan sosial. Orang dengan tidur yang cukup memiliki sensitivitas empati yang lebih tinggi dan lebih peka terhadap perilaku sosial.

Kurang tidur berpengaruh pada perubahan kognitif dan perilaku sosial yang bersifat negatif. Perilaku ini merujuk pada interaksi sosial yang kurang baik dan menurunnya rasa empati, kepercayaan dan humor, serta meningkatnya kemungkinan kesalahan, insiden, atau cedera yang dapat terjadi.

5. Menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung

6 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Mengutip keterangan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur cukup dapat menurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe 2.

Durasi dan kualitas tidur dapat memprediksi kadar hemoglobin A1c (HbA1c) di dalam tubuh. HbA1c merupakan hemoglobin yang berikatan dengan glukosa. Jadi, semakin tinggi kadar hemoglobin ini, semakin tinggi pula gula darah.

Selain itu, tidur yang cukup dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Orang dengan tidur yang cukup lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit seperti hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan aritmia jantung dibanding mereka yang punya gangguan tidur seperti insomnia.

6. Membantu memperoleh kepuasan hidup

6 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Tidak hanya harta dan tahta, tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat membantu memperoleh kepuasan hidup. Studi yang dimuat dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA  menunjukkan hubungan antara kualitas, durasi, dan variabilitas tidur terhadap kepuasan hidup. Hasilnya, kualitas dan durasi jam tidur yang baik dapat meningkatkan kepuasan hidup.

Dilansir World Economic Forum, warga Finlandia rata-rata menghabiskan lebih dari 7,5 jam untuk tidur. Artinya, Finlandia merupakan salah satu negara dengan jumlah jam tidur paling tinggi sedunia, bersama dengan Belanda, Australia, Inggris dan Belgia.

Nah, itu dia beberapa manfaat tidur bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Jadi, usahakan untuk tidur cukup dan berkualitas setiap malam, ya!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *