AsliDomino – Tidur adalah kebutuhan yang penting bagi manusia. Kualitas tidur yang baik akan berdampak positif pada kondisi kesehatan, berat badan, dan suasana hati. Sama halnya dengan pengaturan pola makan dan rutin olahraga, tidur juga sama pentingnya.

Tidur yang cukup akan memberi waktu bagi tubuh kita untuk memperbaiki dirinya sendiri. Bukan cuma menghilangkan kantuk, tapi juga dibutuhkan untuk kesehatan jiwa dan raga. Kalau tidurmu cukup, itu akan sangat membantumu dalam beraktivitas normal sepanjang hari.

Menurut keterangan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), durasi tidur yang disarankan pada tiap usia berbeda-beda, yaitu:

  • Bayi baru lahir (0–3 bulan): 14–17 jam
  • Bayi (4–12 bulan): 12–16 jam (termasuk tidur siang)
  • Balita (1–2 tahun): 11–14 jam (termasuk tidur siang)
  • Prasekolah (3–5 tahun): 10–13 jam sehari (termasuk tidur siang)
  • Usia sekolah (6–12 tahun): 9–12 jam sehari
  • Remaja (13–18 tahun): 8–10 jam sehari
  • Dewasa (18–60 tahun): 7 jam lebih per malam
  • Dewasa (61–64 tahun): 7–9 jam
  • Dewasa (65+ tahun): 7–8 jam

Nah, inilah hal-hal yang baik yang akan terjadi dalam tubuhmu kalau waktu tidurmu cukup dan berkualitas.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

8 Manfaat yang Akan Didapat Bila Waktu Tidurmu Cukup

Salah satu faktor risiko penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi. Menurut keterangan dari CDC, istirahat cukup tiap malamnya memungkinkan tekanan darah untuk meregulasi dirinya sendiri.

Selain itu, tidur cukup juga mengurangi risiko gangguan tidur seperti sleep apnea dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Sebuah tinjauan terhadap 15 studi yang diterbitkan dalam jurnal European Heart Journal tahun 2011 menemukan bahwa orang-orang yang tidak tidur cukup lebih berisiko mengalami penyakit jantung atau stroke dibandingkan dengan orang-orang yang tidur 7-8 jam tiap malamnya.

2. Menjaga berat badan

8 Manfaat yang Akan Didapat Bila Waktu Tidurmu Cukup

Melansir Healthline, kualitas tidur yang buruk berhubungan dengan kenaikan berat badan. Studi sudah membuktikan bahwa orang yang durasi tidurnya pendek cenderung memiliki berat badan lebih dibandingkan dengan orang-orang yang durasi tidurnya memadai.

Faktanya, kurang tidur adalah salah satu faktor risiko terbesar obesitas. Studi dalam jurnal Sleep tahun 2008 menunjukkan bahwa orang dewasa dengan durasi tidur yang pendek lebih mungkin mengembangkan obesitas; 89 persen pada anak-anak dan 55 persen pada orang dewasa.

3. Pengaturan kalori yang lebih baik

8 Manfaat yang Akan Didapat Bila Waktu Tidurmu Cukup

Berbagai studi juga menunjukkan bahwa orang-orang yang kurang tidur memiliki nafsu makan yang lebih besar dan cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori.

Menurut sebuah penelitian dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK
, ini termasuk tingginya kadar grelin, hormon yang menstimulasi nafsu makan; serta berkurangnya kadar leptin, yaitu hormon yang berfungsi untuk menekan rasa lapar.

4. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

8 Manfaat yang Akan Didapat Bila Waktu Tidurmu Cukup

Kualitas tidur dikatakan berhubungan dengan beberapa fungsi otak, termasuk konsentrasi, produktivitas, dan kognisi. Kalau tidurmu cukup, ketiga fungsi tersebut pun akan optimal baik dalam bekerja maupun belajar.

Pola tidur terhadap anak-anak dapat berdampak langsung pada perilaku dan kinerja akademik mereka.

5. Memiliki kecerdasan sosial dan emosional yang tinggi

8 Manfaat yang Akan Didapat Bila Waktu Tidurmu Cukup

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, tidur berhubungan dengan kecerdasan emosional dan sosial. Kalau kurang tidur, tentu kamu bisa mengalami masalah dalam mengenali emosi dan ekspresi orang lain.

Tim peneliti menyimpulkan, mirip dengan hasil studi-studi sebelumnya, bahwa kemampuan empati seseorang berkurang ketika mereka jam tidurnya kurang.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *