AsliDomino – Pada beberapa momen dalam hidup, kamu mungkin pernah merasa sangat menginginkan makanan tertentu. Keinginan yang kuat untuk makan makanan tertentu dikenal dengan istilah mengidam atau ngidam. Nah, mengidam ini bukan hanya dapat dialami oleh perempuan hamil. Orang yang tidak hamil pun bisa merasakannya karena kondisi tertentu.

Salah satu makanan yang sering diidam-idamkan adalah makanan pedas, entah itu kari, sambal, sup, ramen, dan sebagainya. Nah, jika kamu termasuk salah satu orang yang sering mengidam atau terobsesi dengan makanan pedas, kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa kamu bisa mengalami hal demikian.

Untuk menjawab pertanyaanmu, di bawah ini dijelaskan satu per satu alasan mengapa kamu bisa mengidam makanan pedas.

1. Hamil

Menurut Medis, Ini 7 Penyebab Kamu Mengidam Makanan Pedas

Mengidam makanan tertentu adalah hal yang biasa terjadi pada perempuan hamil. Sebuah penelitian dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK menunjukkan bahwa mereka paling sering mengidam makanan manis. Kemudian, makanan pedas adalah keinginan umum lainnya, yang biasanya berupa kari, cabai, dan rempah-rempah.

Tidak diketahui dengan jelas apa yang menyebabkan mengidam makanan selama kehamilan. Namun, peneliti percaya bahwa hal ini merupakan kombinasi dari perubahan hormonal, kekurangan nutrisi, dan senyawa tertentu dalam makanan yang diidamkan.

2. Mengalami depresi

Menurut Medis, Ini 7 Penyebab Kamu Mengidam Makanan Pedas

Saat sedang depresi atau mengalami emosi negatif lainnya, makan makanan pedas mungkin memberikan manfaat. Alasannya, senyawa kapsaisin (capsaicin) dalam makanan pedas dapat memberikan sedikit sensasi kenikmatan.

Kapsaisin memicu sensasi terbakar yang menyakitkan saat dimakan atau terkena kulit. Lebih lanjut, tubuh merespons rasa sakit ini dengan melepaskan endorfin, yang mengaktifkan reseptor opiat tubuh dan memicu perasaan senang.

3. Merasa kepanasan

Menurut Medis, Ini 7 Penyebab Kamu Mengidam Makanan Pedas

Kamu mungkin akan mengidam makanan pedas saat sedang merasa kepanasan. Alasannya, makanan pedas dapat bekerja untuk mendinginkan tubuh.

Kapsaisin menimbulkan sensasi hangat saat dikonsumsi, yang dapat memicu keringat untuk membantu mendinginkan tubuh.

4. Sedang mengalami hidung tersumbat

Menurut Medis, Ini 7 Penyebab Kamu Mengidam Makanan Pedas

Tinjauan ilmiah dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA menunjukkan bahwa kapsaisin dapat mengatasi hidung tersumbat. Senyawa tersebut bertindak sebagai iritan ringan pada awalnya, tetapi kemudian memperbaiki gejala dari waktu ke waktu.

Saat kamu sedang flu atau mengalami hidung tersumbat, kamu mungkin jadi menginginkan makanan pedas, seperti kari, sup pedas, atau saus. Setelahnya, hidung langsung berair dan kamu kembali dapat bernapas dengan lega.

5. Ketidakseimbangan hormon

Menurut Medis, Ini 7 Penyebab Kamu Mengidam Makanan Pedas

Ketidakseimbangan berbagai hormon dalam tubuh juga bisa memicu mengidam makanan tertentu,hormon yang paling mungkin menyebabkan mengidam adalah serotonin dan leptin.

Perubahan hormon ini terutama terjadi saat menstruasi. Karena alasan ini, kamu mungkin jadi merasa sangat ingin makan makanan pedas ketika menjelang atau saat menstruasi.

6. Pengaruh sosial

Menurut Medis, Ini 7 Penyebab Kamu Mengidam Makanan Pedas

kebiasaan dan perilaku makan kita dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Karenanya, kamu memiliki kecenderungan makan dengan cara yang berbeda saat bersama teman atau orang lain dibandingkan saat sendirian.

Semakin banyak waktu yang kamu habiskan bersama dengan orang-orang terdekat, semakin besar kemungkinan kamu melakukan perubahan pola makan, terutama jika kamu menikmati makanannya. Karena alasan ini, kamu mungkin jadi mengidam makanan pedas setelah kembali dari perjalanan panjang, liburan, atau setelah menghabiskan waktu beberapa lama dengan orang tertentu.

7. Paparan berulang kapsaisin

Menurut Medis, Ini 7 Penyebab Kamu Mengidam Makanan Pedas

Karena alasan ini, saat kamu terbiasa makan makanan pedas, kamu mungkin akan merasa ada yang kurang jika makanan yang kamu makan tidak pedas. Selain itu, jika kamu mencoba untuk menghilangkan makanan pedas dari diet, ada kemungkinan kamu akan mengalami peningkatan mengidam makanan pedas.

Demikianlah beberapa alasan mengapa kamu bisa mengidam makanan pedas. Terlepas dari alasan di balik keinginan yang kuat untuk makan makanan pedas, penting untuk membatasi konsumsinya demi menghindari efek samping negatif seperti diare, mual, atau gangguan pencernaan lainnya.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *