AsliDomino – Saat olahraga, tubuh mengeluarkan banyak tenaga, gula, hingga elektrolit. Hal ini membuat kita harus mengembalikkan kondisi tubuh seperti biasa agar bisa melakukan aktivitas normal dengan baik. Istirahat adalah cara yang tepat tapi membutuhkan waktu yang lama, maka mengonsumsi minuman bisa jadi pilihan alternatif.

Tidak hanya sekedar asal minum, sesudah olahraga tubuh membutuhkan minuman yang baik untuk kesehatan, bahkan menghindari efek pegal. Air putih sudah jadi hal yang umum diketahui dan tidak bisa digantikan karena air putih sendiri yang memberi cairan netral pada tubuh. Untuk menangani tubuh dengan baik, berikut enam minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga.

1. Air kelapa

Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Dilansir Mensjournal, air kelapa mengandung ion-ion elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk bisa meningkatkan stamina dan menggantikan sodium yang keluar dari keringat. Elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa memiliki potasium dan magnesium dengan jumlah yang tinggi. Beberapa peran diantaranya:

  • Potasium untuk membangun protein, menjaga pertumbuhan tubuh yang normal, membentuk otot, dan membangun karbohidrat.
  • Magnesium membantu aktivasi vitamin D dan banyak dikaitkan dalam keshatan, serta pertumbuhan tulang.
  • Elektrolit dibutuhkan tubuh agar organ-organ bisa berfungsi secara normal yang terletak di sel, jaringan, cairan tubuh, darah, hingga keringat.

Saat rasanya mulut tak bisa menerima air atau baru saja melakukan olahraga ringan, kamu bisa meminum air kelapa. Dengan itu, tubuh akan lebih terhidrasi.

2. Susu cokelat

Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Susu cokelat memberikan dampak positif pada pemulihan tubuh sesudah melakukan olahraga intens atau aerobik. Susu cokelat mengandung protein dan karbohidrat tinggi, maka banyak yang percaya juga bisa mengganti nutrisi yang hilang. Namun adanya susu tidak terlalu memberikan perbedaan yang besar antara air putih. Sehingga susu cokelat bisa kamu minum sebagai sumber karbohidrat sesudah berolahraga, bukan untuk menggantikan cairan dalam tubuh.

3. Yoghurt

Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Tidak suka susu? Yogurt bisa jadi penggantinya. Mengonsumsi yoghurt setelah olahraga bisa mengisi perut kosong kamu dengan tubuh yang lelah.

Dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, memilih yoghurt plain alias natural tanpa rasa akan lebih baik. Saat kamu melakukan olahraga cardio, manfaat yoghurt mulai berperan menguatkan otot dan memberikan energi baru. Dengan kandungan protein di dalamnya, buah juga bisa kamu konsumsi bersamaan untuk menerima khasiat lebih. Tubuh akan menerima protein, karbohidrat, ekstrolit, serta antioksidan.

4. Jus jeruk

Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Meminum jus jeruk berkontribusi atas hidrasi tubuh sama dengan air putih dan minuman isotonik. Bukan jus buatan seperti sirup, jus jeruk yang dimaksud disini adalah jeruk asli yang dibuat menjadi minuman. Gula yang ada di dalamnya cukup untuk mengantikan gula yang hilang dari tubuh. Selain itu, jus jeruk juga mengandung karbohidrat dan potasium, serta vitamin C yang memiliki antioksidan kuat, menurut laporan Journal of Nutrition and Health Sciences.

5. Minuman isotonik

Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Sudah tak asing lagi pastinya, banyak orang biasanya mengonsumsi minuman isotonik untuk mengembalikan energi tubuh, termasuk para atlet. Mengandung elektrolit dan karbohidrat sebanyak 6-8 persen, minuman isotonik sangat terbukti efektif. Tapi jangan selalu mengandalkan minuman ini karena jika berlebihan justru berakibat tidak baik.

6. Teh

Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Menurut penelitian NCBI, teh hijau maupun teh hitam, keduanya membantu tubuh memecah lemak menjadi energi. Teh hijau sendiri juga mampu menguatkan otot dan menghilangkan kelelahan dengan cepat. Jangan mengonsumsi yang sudah dikemas, lebih baik pilih teh tanpa gula karena tidak sehat untuk pencernaan, serta menghalangi proses pembakaran lemak.

Itulah beberapa minuman yang bisa kamu konsumsi selain air putih setelah olahraga. Adanya manfaat yang berbeda-beda, kini kamu bisa memilih yang lebih cocok untuk tubuh. Sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan sehingga hasil yang didapat juga bisa dirasakan.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *