AsliDomino – Saat seseorang sudah memasuki usia 30, bisa dibilang orang tersebut sudah sah menjadi individu yang dewasa. Ini lantaran di usia tersebut seseorang telah cukup banyak melewati roller coaster kehidupan menuju kedewasaan.

Tapi selain pengalaman, di usia 30an, individu juga mungkin mengalami perubahan yang cukup siginifikan pada tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang terjadi pada tubuh setelah kamu memasuki usia 30an.

  • Masa tulang meningkat lalu terus menurun

Bagi perempuan, usia 30 merupakan masa di mana kebanyakan tulang perempuan mencapai kekuatan dan kepadatan puncak. Selanjutnya, dari sini massa tulang perlahan-lahan akan menurun hingga menopause.

  • Sedikit lebih mudah mengalami peningkatan berat badan

Kamu mungkin akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan di usia 30-an. Ini karena metabolisme memang melambat di akhir usia 30-an, tetapi sebenarnya penambahan berat badan tidak sedramatis yang kebanyakan orang kira.

  • Produksi hormon pertumbuhan berkurang

Dijelaskan dalam laman AGEN POKER ONLINE TERBAIK
, tidak benar bahwa tubuh berhenti memproduksi hormon pertumbuhan manusia atau HgH. HgH merupakan hormon yang berasal dari kelenjar pituitari otak dan mendorong percepatan pertumbuhan, hormon ini mulai menurun setelah usia 30. Oleh karena itu, beberapa dari kita mungkin berhenti tumbuh pada usia itu.

  • Lebih mudah mengalami stres dan depresi

Sebuah studi yang dilaporkan dalam BBC menemukan bahwa orang-orang berusia 30an dan 40an lebih mungkin mengalami depresi daripada yang diyakini sebelumnya. Hal ini dimungkinkan karena fenomena quarter life crisis, yang biasa terjadi pada orang-orang yang memasuki usia akhir dua puluhan dan tiga puluhan.

  • Produksi kolagen berkurang

Kolagen adalah bahan yang membuat kulit tetap elastis. Tetapi, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen oleh tubuh berkurang, dikutip dari laman Bustle. Sebagai akibatnya, kamu mungkin melihat beberapa perubahan pada tubuh.

  • Volume otak menyusut

Saat seseorang memasuki usia paruh baya, otak berubah dengan cara yang halus tapi terukur. Dilansir dari laman AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, volume keseluruhan otak mulai menyusut saat individu berusia 30an atau 40an, dengan laju penyusutan meningkat sekitar usia 60 tahun.

Berkurangnya volume otak tidak seragam di seluruh bagian otak, di mana beberapa area menyusut lebih banyak, dan lebih cepat, dibandingkan area lain. Korteks prefrontal, otak kecil, dan hipokampus menunjukkan kehilangan terbesar, yang memburuk pada usia lanjut.

Entah disukai atau tidak, tapi secara alami tubuh memang akan banyak berubah setelah usia 30an. Untuk itu, kesehatan harus selalu menjadi prioritas.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *