AsliDomino – Dijuluki “raja buah” durian punya tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Selain buahnya mudah ditemui di pasar, toko buah, maupun swalayan, olahannya pun beragam, seperti pancake durian, pie durian, brownies durian, hingga makanan tradisional seperti sambal tempoyak dan lempok.

Dibenci maupun dicinta, nyatanya durian mengandung nutrisi yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan bila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ingin tahu apa saja? Cek ulasannya di bawah ini, ya!

1. Kaya akan nutrisi

Durian dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi. Menurut keterangan dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 1 cangkir (243 gram) buah durian baik segar maupun beku mengandung 357 kalori, 13 gram lemak, 4,9 mg sodium, 66 gram karbohidrat, 9,2 gram serat, dan 3,6 gram protein.

2. Mengurangi risiko kanker

Tak disangka-sangka durian mengandung antioksidan yang bisa membantu menetralkan radikal bebas yang dapat memicu kanker. Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, sebuah penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak durian terbukti dapat mencegah penyebaran sel kanker.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas durian dalam menghentikan pertumbuhan sel kanker.

3. Mencegah penyakit Alzheimer

Masalah yang biasa dihadapi oleh kelompok usia lanjut atau lansia adalah malnutrisi. Tak jarang lansia mengalami penurunan berat badan dan defisiensi nutrisi karena beberapa faktor, sepertinafsu makan berkurang, malabsorpsi, serta akses terbatas ke berbagai makanan. Nah, dengan mengonsumsi sedikit durian, setidaknya defisiensi bisa tertutupi.

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium yang tinggi dalam durian dikenal mampu menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah laporan penelitian AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA disebutkan bahwa durian punya manfaat untuk mengurangi kadar glukosa darah dan kolesterol.

5. Mencegah nyeri sendi

Salah satu penyebab nyeri sendi adalah kekurangan vitamin C. Nah, satu cangkir durian segar maupun beku mengandung vitamin C yang cukup tinggi, terlebih bila dimakan dalam keadaan mentah.

Dalam satu cangkir durian segar atau beku mengandung 49 gram vitamin C. Sebagai gambaran, rata-rata orang dewasa memerlukan 75-90 gram setiap harinya. Lumayan bangetkan?

Itulah berbagai manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari konsumsi durian. Ingat, konsumsinya harus dalam batas wajar, ya!

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *