AsliDomino – Pada masa pandemi COVID19 ini, penduduk dunia jadi lebih banyak beraktivitas di rumah, mulai dari belajar hingga bekerja. Ini merupakan salah satu upaya untuk menurunkan angka penularan virus SARS-CoV-2.

Dengan lebih banyaknya aktivitas di dalam rumah, bagaimana, ya, dampaknya bagi kesehatan tubuh kita bila selama di rumah ini kita jarang atau bahkan tidak berolahraga sama sekali?

1. Mengurangi umur

Memang berapa lama seseorang bisa hidup tak ada yang tahu. Namun, memiliki pola hidup sehat diketahui dapat memperpanjang usia.

Menurut sebuah studi tahun 2019 yang dilakukan oleh European Society of Cardiology, perilaku berdiam diri tanpa aktivitas fisik selama periode 20 tahun meningkatkan risiko kematian dini sebanyak dua kali lipat.AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

2. Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes memang sering menyerang pada orang-orang yang gaya hidupnya jauh dari sehat. Padahal, olahraga gak selalu harus lari, ke gym, ke studio yoga, mendaki gunung, dan sebagainya.

Setidaknya dengan jalan kaki minimal 30 menit sudah bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen, lho.

3. Memungkinkan Mengidap Kanker Payudara

Kira-kira 1 dari 8 perempuan dan 1 dari 833 laki-laki lebih mungkin untuk terkena kanker payudara atau dada akibat tidak adanya kebiasaan olahraga rutin, walau hanya jalan kaki pada pagi hari.

Menurut tinjauan studi yang diterbitkan dalam jurnal Recent Results in Cancer Research tahun 2011 menemukan bahwa perempuan yang paling aktif secara fisik memiliki risiko terkena kanker payudara lebih rendah, yaitu 25 persen, dibandingkan dengan mereka yang jarang melakukan aktivitas fisik.

4. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Walau tidak ada riwayat dan faktor klasik penyebab serangan jantung seperti tekanan darah, kadar kolesterol dan obesitas, tetapi tidak aktifnya tubuh karena jarang berolahraga dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung.

5. Tekanan darah meninggi

Ketika berolahraga, jantung akan memompa darah lebih efisien. Bila jantung sehat, pekerjaannya jadi lebih ringan untuk memompa darah dan tekanan melalui arteri pun akan berkurang. Masalah yang bisa timbul bila kamu jarang berolahraga adalah menurunnya kebugaran kardiorespirasi (CRF).

Itulah risikonya bila kamu terlalu terus di rumah tanpa melakukan aktivitas fisik atau olahraga rutin. Memang masa pandemi yang tak menentu ini bikin stres. Namun, tetap upayakan untuk olahraga setiap hari, bisa dengan jalan kaki, yoga, atau senam lewat tutorial video di internet selama 30 menit. Intinya, jaga gaya hidup tetap aktif dan terapkan pola makan sehat bergizi seimbang.AGEN POKER ONLINE TERBAIK

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *